Gedung untuk Kesempurnaan Kasih

289
Mgr Suharyo disaksikan oleh perwakilan YPKC dan pimpinan pembangunan gedung, membubuhkan tanda tangan di atas prasasti Gedung Pendidikan Kesehatan Carolus. [HIDUP/Antonius Bilandoro]
Gedung untuk Kesempurnaan Kasih
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com Setelah gedung baru berdiri, YPKC bertekad mendongkrak akreditasi pendidikan.

YAYASAN Pendidikan Kesehatan Carolus (YPKC) merampungkan pembangunan Gedung Pendidikan Kesehatan Carolus. Peristiwa itu ditandai dengan peresmian gedung oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo, dan disaksikan oleh pengurus yayasan serta pimpinan pembangunan, di Jalan Salemba Tengah, Jakarta Pusat, Selasa, 28/8.

Gedung pendidikan itu berdiri di atas tanah berukuran sekitar 1500 meter persegi. Pembangunan yang dimulai sejak tahun 2016 itu rencananya untuk menampung aktivitas YPKC serta ruang kuliah tambahan bagi mahasiswa Pasca Sarjana Keperawatan dan Pelatihan Kesehatan Non Medis Berkelanjutan serta pusat penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus.

Pimpinan pembangunan Gedung Pendidikan Kesehatan Carolus, Roby Hermanto Winardi membeberkan, konstruksi bangunan baru itu berbahan beton dan baja pada bagian atap. Gedung itu terdiri dari empat lantai ditambah basement sebagai tempat parkir.

Empat lantai itu berisi perpustakaan, kantor, ruang rapat, kelas, laboratorium, dan satu ruang senam untuk para ibu hamil. Gedung itu juga terdapat kafetaria yang mampu menampung hingga 250 orang. Selain itu ada juga free-function room, area diskusi untuk para mahasiswa. “Perluasan diperlukan untuk menampung berbagai kebutuhan, seperti yang dipersyaratkan dalam akreditasi perguruan tinggi,” sambung Winardi.

Seorang pengunjung melihat bagian dalam Gedung Pendidikan Kesehatan Carolus. [HIDUP/Antonius Bilandoro]
Keterangan lantai gedung YPKC. [dok.Widya-Carolus]
Ketua Badan Pengurus YPKC, Roy Tjiong Tat Tjioe berharap kehadiran sarana tersebut bisa mengakomodir mutu pelayanan kesehatan yang bermuara pada dua hal yakni, kesempurnaan kasih dan kesucian yang sempurna.

Harapan ini juga amat ditekankan oleh Mgr Suharyo dalam khotbahnya saat Misa sebelum peresmian. Seiring selesainya pembangunan, lanjut Roy, YPKC berusaha untuk mendongkrak akreditasi lembaga pendidikan tersebut hingga menyabet status unggulan, salah satu syarat untuk itu adalah ketersediaan mini hospital di bangunan baru itu.

“Kita akan berjuang ke sana,” katanya, bertekad. YPKC didirikan pada 1985 oleh Perhimpunan St Carolus. Tujuan khususnya adalah membina pendidikan para perawat.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here