Pieters M. Cristian: Pulang Kampung

115
Pieters M. Cristian. [Dok.Pribadi]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com BIRU lautan di perairan Amboina boleh jadi tak akan lagi hilang dari ingatan Presiden Mikronesia, Pieters Martin Cristian. Dua minggu lalu, ia terlihat mengikuti Perayaan Ekaristi di Gereja Katedral St Fransiskus Xaverius Keuskupan Amboina.

Baginya, kunjungan ke Ambon bukan sekadar berjumpa kembali dengan asal-usulnya. Di tempat bersandar St Fransiskus Xaverius ini, ia ingin menyegarkan imannya. Pieters berkunjung ke Indonesia dan diterima Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Rabu, 18/7.

Selanjutnya, ia melanjutkan lawatannya dengan mengunjungi Ambon pada 20-22/7. Presiden Mikronesia yang menjabat  sejak 2015 ini adalah keturunan generasi ketiga imigran dari Indonesia di negara yang terletak di Samudera Pasifik ini.

Ia berasal dari Haria di sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Saat mengikuti Misa di Katedral Ambon, ia merasakan kedamaian dan perdamaian. Ia terkesan dengan umat Katolik yang ia jumpai di Ambon. “Kelak, mereka menjadi gembala di masa depan,” tuturnya.

Kesan mendalam tentang pribadi Presiden Christian juga turut diungkapkan oleh Vikjen Keuskupan Amboina, Pastor Berry Rahawarin. Menurutnya, Presiden Pieters adalah seorang pribadi yang sangat ramah, sederhana dan beriman.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here