Keberagaman yang Memperkaya

120
Dominikan Awam dalam sebuah sesi meditasi Alam Pagi Hari. [HIDUP/Willy Matrona]
Keberagaman yang Memperkaya
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com ANGGOTA Ordo Dominikan Awam Chapter Katarina yang terdiri dari beberapa komunitas menghadiri ret-ret bersama di Vila Pancawati, Bogor, Sabtu, 01/09. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu bertemakan Kita Bhinneka, Kita Indonesia dan kita Dominikan.

Moderator Dominikan Awam Pastor Andreas Kurniawan,OP mengungkapkan sebagai putra-putri Bangsa dan Gereja Dominikan Awam turut mengambil bagian di dalamnya. Mencintai tanah air adalah tugas dari setiap orang beriman. Ia menambahkan kebhinekaan sebenarnya sudah mulai tumbuh di dalam komunitas.

“Masing-masing pribadi memiliki keunikan dan itulah keragaman yang patut dijaga. Semuanya itu memperkaya komunitas. Kebiasaan saling menghargai dalam komunitas harus dikembangkan di masyarakat. Dengan cara itu merawat keragaman dapat terwujud,” katanya.

Sedangkan Pendamping Spiritual Suster Maria Hildergardis,OP mengingatkan kembali akan panggilan sebagai Dominikan. Setiap anggota dominikan dipanggil untuk menyalurkan rahmat. Menurutnya tidak ada perbedaan dalam menyalurkan rahmat baik imam, suster maupun awam.

Ia menambahkan karena panggilan sebagai dominikan adalah rahmat, maka harus disalurkan termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Setiap orang menerima rahmat keberagaman dan harus menjaganya dalam kehidupan sehari-hari.”

Senada dengan itu Presiden Dominikan Awam Stephanus Suriaputra,OP, menjabarkan bahwa kekayaan Domikan Awam adalah kontemplasi dan aksi. Kontemplasi diharapkan mampu menghasilkan buahnya di dalam kehidupan yang nyata di masyarakat.

Menurut Stephanus, rekoleksi kali ini searah dengan arah dasar KAJ. “Kita mencoba mengembangkan toleransi mulai dari komunitas. Menghargai keragaman ini dengan cara dominikan melalui doa, studi, pewartaan, dan persaudaraan.”

Dalam kesempatan rekoleksi kali ini, 17 orang mengikrar profes pertama, 13 orang profes kedua, 8 orang profes ketiga, 5 orang diterima sebagai Novis dan 2 orang Postulat. Selain itu 15 orang yang telah menerima profes kekal memperbaharui janji setianya.

 

Willy Matrona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here