KAMS Mengajak Umat Untuk Berbela Rasa

494
Rate this post

Senin siang, 1/10, Tim Caritas Keuskupan Agung Makassar (KAMS) yang terdiri dari tiga orang, yang dipimpin oleh Rudy Raka bertemu dengan dua orang staf Catholic Relief Services (CRS) Indonesia di Mamuju, Sulawesi Barat.

Dari sana mereka akan menempuh perjalanan darat kurang lebih 500 Km ke Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Mereka akan bergabung dengan Komisi PSE Keuskupan Manado untuk melakukan Joint Need Assessment (JNA) dan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan Jaringan Humanitarian Forum Indonesia (HFI) dalam waktu 2-3 hari ke depan.

Hasil dari JNA akan dipakai untuk mengembangkan skema respon ke depan. Jarak yang jauh, akses transportasi udara yang sangat terbatas, dan adanya isu keamanan, menjadi tantangan tersendiri bagi tim dari Caritas Keuskupan untuk bisa sampai ke wilayah terdampak.

Sementara itu KARINA (Caritas Indonesia/ Pelayanan Kemanusiaan Konferensi Waligereja Indonesia) akan mengirimkan dua orang staf dan beberapa relawan ke Makassar dalam waktu 2-3 hari ke depan untuk membantu Caritas Keuskupan Agung Makassar mempersiapkan respons yang terpadu.

KARINA juga terus menjalin komunikasi dan koordinasi dengan Jaringan Caritas Keuskupan di Indonesia & Caritas International Member Organizations (CIMOs) untuk memetakan bantuan dan dukungan dalam respons tanggap darurat ini.

Dalam upaya respons tanggap darurat ini, KARINA akan memposisikan diri untuk membantu dan memfasilitasi Caritas Keuskupan Agung Makassar dan Komisi PSE Keuskupan Manado sebagai response leader di keuskupan terdampak.

Palu dan Donggala berada dalam sebagian wilayah Gerejani Keuskupan Manado dan Keuskupan Agung Makassar. Untuk itu, peran KARINA adalah memperkuat tim Caritas Keuskupan Agung Makassar dan Komisi PSE Keuskupan Manado dalam respons tanggap darurat ini.

KARINA juga akan mengkoordinir inisiatif, bantuan dan niat baik dari Jaringan Caritas Keuskupan, individu dan lembaga lain. Bantuan berupa dana bisa diarahkan ke Rekening dua keuskupan terdampak dan rekening Yayasan KARINA, yaitu:

KEUSKUPAN MANADO
Bank : BNI
Nama : Keuskupan Manado
Nomor : 3837 777 778

KEUSKUPAN AGUNG MAKASSAR
Bank : DANAMON LEBIH
Nama : Yulius Malli dan Fredy Rantetaruk
Nomor : 00357 465 7536

Yayasan KARINA
Bank : BCA KCP Puri Indah
Nama : YAY. KARINA
Nomor : 288.308.0599
Swift Code : CENAIDJA

Ketua Komisi PSE Caritas KAMS, Pastor Fredy Rante Taruk, Pr mengonfirmasikan kebenaran surat tertanggal 1 Oktober, yang ditandatanganinya bersama dengan Ekonom/ Sekretaris KAMS, Pastor Paulus Tongli, Pr. “Kami cuma membantu PSE Keuskupan Manado,” tulisnya kepada Hidupkatolik.com pada Selasa, 2/10 lalu.

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa donasi akan dikirimkan ke Keuskupan Manado, yang selanjutnya akan menyalurkan bantuan terhadap para korban. Lebih lanjut, aktivis CU dari Keuskupan Agung Makassar itu menandaskan bahwa nomor rekening yang tertera diatas adalah rekening milik Keuskupan.

Berikut ini dokumentasi foto yang diabadikan oleh Rudy Raka (Staf Caritas Makassar).

 

Antonius Bilandoro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here