WKRI Terima Penghargaan Bakti Sepanjang Hidup dari Kemendagri

1179
5/5 - (1 vote)

Lebih lanjut, Tjahjo meminta para ormas agar turut berperan aktif mengatasi berbagai tantangan di Indonesia seperti radikalisme dan terorisme, narkotika, korupsi, serta ketimpangan sosial.

Kemendagri memberikan kepada 15 organisasi masyarakat (ormas) yang dinilai memiliki peran penting bagi NKRI, dalam acara Forum Koordinasi Nasional Ormas dan Anugerah Ormas Award Tahun 2018 di Hotel Red Top, Jakarta, Selasa, 6/11/2018. Wanita Katolik Republik Indonesia yang diwakili oleh Ketua Presidium DPP WKRI Justina Rostiawati (berbaju biru) turut menerima penghargaan Long Life Achievement Ormas yang turut merawat kebhinekaan NKRI. [dok.pribadi]
Kemendagri mengadakan sembilan kategori peraih penghargaan tersebut. Terdapat 15 ormas yang dinilai berhasil menerimakan penghargaan tersebut di beberapa bidang yakni:

  1. Bidang Kesehatan: Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI)
  2. Bidang Lingkungan Hidup: Pusat Perlindungan Orangutan atau Center of Orangutan Protection (COP)
  3. Bidang Tata Kelola Pemerintah: Indonesia Corruption Watch (ICW)
  4. Bidang Penanggulangan Bencana: Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC)
  5. Bidang Kebudayaan: Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN)
  6. Bidang Pemberdayaan Perempuan: Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka)
  7. Bidang Pendidikan: Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda
  8. Kategori Bakti Sepanjang Hidup (Long Life Achievement): Yayasan Taman Siswa, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Pimpinan Pusat Al-Irsyad Al-Islamiyah, dan Persatuan Islam (Persis)
  9. Penghargaan Kategori Khusus: Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat), Gerakan Pemuda Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Pemuda Pancasila

Kemendagri memberikan penghargaan ini secara bergilir setiap tahun. “Mudah-mudah dengan acara ini memberikan motivasi untuk kebersamaan kita untuk bangsa dan negara kita,” imbuh Tjahjo.

Tjahjo mengungkap tentang jumlah organisasi kemasyarakatan pemuda tingkat nasional yang berjumlah hingga 395.454, resmi terdaftar di Kemendagri. “Peran ormas adalah memberikan kontribusi keutuhan NKRI, menjaga tegaknya Pancasila, bersatunya kemajemukan bangsa termasuk menjaga keutuhan UUD 1945 sebagai ideologi bangsa,” terang Tjahjo.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here