Paus Fransiskus Imbau Solidaritas Bagi Para Korban Bencana Indonesia

239
1.5/5 - (2 votes)

Dalam kesempatan itu, Paus mengundang semua orang untuk bergabung dalam doa bagi para korban dan orang-orang yang mereka cintai, menyatakan kedekatan spiritualnya kepada mereka yang terkena dampak tragedi itu, dengan memohon penghiburan Tuhan dalam penderitaan yang mereka alami.

Sebuah mobil terlihat di antara reruntuhan setelah tsunami menghantam pantai Carita di Pandeglang, provinsi Banten pada Sabtu malam, 22/12. [dok.vaticannews.va]
“Permohonan saya adalah agar saudara dan saudari ini mungkin tidak kekurangan solidaritas kita dan dukungan dari Komunitas Internasional,” katanya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Selasa, 25/12 pukul 13.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia akibat tsunami Selat Sunda meningkat menjadi 429 orang. Jumlah itu meliputi korban di lima kabupaten, yaitu Kabupaten Serang, Pandeglang, Lampung Selatan, Pesawaran, dan Tanggamus.

Dari lima kabupaten, daerah paling parah terdampak tsunami adalah Kabupaten Pandeglang. Tercatat, korban meninggal dunia di wilayah ini paling banyak, yaitu 290 orang.

Gunung berapi yang meletus pada Sabtu malam itu terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra, menghubungkan Samudra Hindia dan Laut Jawa. Erupsi tersebut meletus sekitar 24 menit sebelum tsunami yang dilaporkan, bisa disebabkan oleh tanah longsor bawah laut atau yang terjadi di atas permukaan laut di lereng luar gunung berapi yang curam setelah letusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here