Pesan Natal 2018 KAJ: Menjadi Hikmat bagi Sesama dan Merawat Ingatan

398
Konferensi Pers Natal 2018 disampaikan oleh Uskup KAJ Mgr.Ignatius Suharyo, bersama dengan Vikjen KAJ Pastor Samuel Pangestu, Pr dan Kepala Paroki Katedral Pastor Hani R.Hartoko, SJ pada Selasa, 25/12, dengan tema "Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita". [Humas KAJ/Susyana Suwadie]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Konferensi Pers Natal 2018 Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) telah berlangsung pada Selasa, 25/12/2018 pada pukul 10.15 hingga 11.15 WIB di Gedung Karya Pastoral Lt. 2 KAJ, Katedral Jakarta.

Agenda Pesan Natal 2018 dengan tema “Yesus Kristus Hikmat Bagi Kita” (1 Kor 1: 30a) disampaikan oleh Uskup Agung Jakarta (KAJ),  Mgr. Ignatius Suharyo, bersama dengan Vikaris Jenderal (Vikjen) KAJ Pastor Samuel Pangestu, Pr dan Kepala Paroki Katedral Pastor Hani Rudi Hartoko, SJ.

Dalam kesempatan tersebut, sebagaimana disampaikan oleh Humas KAJ, Susyana Suwadie, Mgr Suharyo menekankan beberapa hal yang menjadi pesan natal tahun ini:

1. Terkait Tema Natal : “Yesus Kristus Hikmat bagi kita“ (1 Kor 1:30a);
Kata Hikmat disini ditekankan. Hendaknya kita bisa menjadi Hikmat bagi sesama. Sesuai dengan gerakan ajakan untuk mengamalkan Pancasila dimana tahun 2019 merupakan ajakan untuk gagasan yang menjadi gerakan untuk mengamalkan sila ke-4.

Baca juga: https://www.hidupkatolik.com/2018/11/16/29108/pesan-natal-pgi-dan-kwi-2018-yesus-kristus-hikmat-bagi-kita/

Maka Keuskupan Agung Jakarta mengajak seluruh umat di KAJ untuk turut serta berperan aktif. Semboyan di tahun ke-4 ini adalah “Kita Berhikmat, Bangsa Bermartabat”. Maka jika pemimpin kita bisa menjadi teladan bagi kita, artinya menjadi hikmat dan dengan demikian bangsa akan semakin menjadi bermartabat.

2. Untuk selalu merawat ingatan bersama;
Kita tidak terlepas dari kaitan masa lalu yang menjadi semangat bagi bangsa kita seperti adanya Tahun Kebangkitan Nasional 1908, diikuti dengan Sumpah Pemuda 1928 yang menambahkan satu bahasa setelah satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa. Serta Pancasila sebagai ciri dari nilai-nilai dasar budaya bangsa kita yang tercermin melalui kelima silanya.

Suasana Konferensi Pers Natal 2018 pada Selasa, 25/12 di Gedung Karya Pastoral Lt.2 KAJ, Katedral, Jakarta. [Humas KAJ/Susyana Suwadie]
Mengawali konferensi pers, Bapak Uskup juga turut menyatakan keprihatinan yang mendalam dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas terjadinya bencana tsunami yang baru-baru ini terjadi di Sumatra Selatan dan Banten, dan sebelumnya musibah di Palu, Lombok, dan lainnya.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here