Utuh dan Tuntas

64
Lukisan wayang: Herjaka bersama wisatawan asal Jerman. [NN/Dok.Pribadi]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.COM –  PELUKIS wayang Petrus Agus Herjaka atau lebih dikenal Herjaka HS pameran bareng bersama anaknya yang seorang pematung, Sebastianus Damar Pradipta di Rumah Budaya Tembi, Yogyakarta, Jumat, 14/12.

Uniknya, dalam pembukaan pameran bertajuk “Gonjang-Ganjing Kesetiaan” itu putri bungsu Herjaka, Brigitta Titah Nareswari turut pula tampil memeriahkan acara. Bersama tiga penari temannya, Brigitta menyuguhkan tarian Srimpi di hadapan tamu undangan.

Menandai pembukaan pameran duet ayah dan anak itu. Sementara penyair Landung Simatupang membacakan episode novel karya Herjaka berjudul “Sawitri Oh Sawitri”. Acara dipandu aktris Anissa Hertami.

Herjaka menjelaskan, novel karyanya yang dilaunching malam itu sebagai pengganti katalog pameran.

Kata “setia” dalam tema pameran disebutnya memiliki dua sifat, yakni utuh dan tuntas. “Seperti dilakukan Sawitri dalam novel saya, bahwa kesetiaan yang dihidupi Sawitri adalah kesetiaan yang utuh dan tuntas. Utuh karena tidak mendua dan tuntas karena sampai selesai,” katanya.

Baca juga: http://majalah.hidupkatolik.com/2016/12/09/3075/petrus-agus-herjaka-jalan-salib-bersama-wayang/

Menyinggung tema pameran yang akan berahir pada Senin, 7 Januari 2019 ini, budayawan Pastor Vincentius Kirjito menyebut kesetiaan musti gonjang-ganjing. “Kalau tidak setia pasti gonjang-ganjing,” ucapnya.

Imam Keuskupan Agung Semarang ini mengaku dirinya selama lima tahun terakhir juga mencoba setia dengan warga lereng Merapi yang memanfaatkan air hujan untuk minum dan kebutuhan keseharian.


H. Bambang S (Yogyakarta)

HIDUP NO.01 2019, 06 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here