Gereja dan Tahun Persatuan

108
Mgr Pioppo menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo.
[NN/Dok.HIDUP]
Gereja dan Tahun Persatuan
2 (40%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Di tahun persatuan, Keuskupan Agung Jakarta mengajak umat untuk semakin mencintai Pancasila.

Kita sudah sampai di penghujung tahun. Banyak peristiwa yang terjadi selama tahun 2018. Baik kejadian kecil, maupun peristiwa penting yang menjadi trending topic di 2018, secara khusus di Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Berbagai peristiwa yang ada mendewasakan dan mewarnai KAJ. Tahun Persatuan menjadi bekal umat selama menjalani tahun 2018 yang terutama dihadapkan panasnya tahun politik. Berikut peristiwa-peristiwa di KAJ pilihan Majalah HIDUP.

1. Tahun Persatuan
Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) terus membina dan mengamalkan Pancasila sesuai yang tertuang dalam Arah Dasar KAJ 2016-2020. Tahun 2018, KAJ memasuki tahun ketiga Ardas dengan mencanangkan “Tahun Persatuan”. Tema ini berdasarkan sila ketiga Pancasila, “Persatuan Indonesia”. mengisi tahun ini, Panitia Penggerak Tahun Persatuan mengadakan dialog litas agama serta peluncurn logo Tahun Persatuan dan gambar Bunda Maria Segala Suku, di Aula Katedral Jakarta, Sabtu, 6/1.

2. Pertemuan Nuncio dengan Presiden
Duta Besar Takhta Suci untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo untuk pertama kali di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 17/1. Mgr Pioppo menggantikan Mgr Antonio Guido Filipazzi yang dipindahtugaskan. Saat bertemu dengan Presiden Jokowi, Mgr Pioppo menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia di kancah global. Ia mengagumi keberagaman, pluralisme, dan toleransi di negeri ini. Nunsius Apostolik Indonesia ke-15 ini berencana mengembangkan kerja sama dan dialog antaragama antara Vatikan dengan Indonesia.

3. Uskup Bertemu Panglima TNI
Mgr Ignatius Suharyo menandatangani prasasti sekaligus memberkati Gereja Bunda Maria Fatima yang berada dalam kompleks Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 21/2. Sebelumnya pada pertengahan Januari, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meresmikan gereja itu. Dalam Misa konselebrasi, Mgr Suharyo berterima kasih kepada Panglima TNI beserta seluruh jajarannya karena telah membangun sarana peribadatan dan pembinaan iman para prajurit, PNS, dan keluarga Katolik di lingkungan TNI.

4. Hadapi Hoax
Peran media sosial dalam politik menjadi tema hangat tahun ini. hal ini juga dibahas dalam Kursus Intensif Spiritualitas Perutusan Sosial Politik (KISPOL) yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Jumat, 13/4. Mengutip Pesan Paus Fransiskus, media sosial saat ini dibanjiri berita hoax, kita harus berani menanggapi hoax, karena kebenaran akan memerdekakan.

5. HUT ke-80 Paroki Kemakmuran
Paroki Bunda Hati Kudus Kemakmuran adalah satu dari tujuh paroki generasi kedua di Keuskupan Agung Jakarta. Paroki ini merupakan salah satu dari tujuh pecahan Paroki Katedral St Maria Diangkat ke Surga, Katedral Jakarta. Dibentuknya paroki ini diawali ketika Vikaris Apostolik Jakarta, Mgr Petrus Johannes Willekens SJ menyerahkan reksa pastoral salah satu bagian wilayah Gereja Katedral kepada Tarekat Missionarii Sacratissimi Cordis (MSC) pada 19 Mei 1938.

6. Kunjungan Presiden ke KWI
Presiden Joko Widodo berkunjung ke kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) di cikini, Jakarta Pusat, Jumat, 24/8. Pada kesempatan ini Presiden disambut oleh KWI Mgr Ignatius Suharyo beserta beberapa uskup lain. Selama satu jam, Presiden Jokowi membahas kebhinnekaan dan Pancasila bersama para uskup. “Tidak ada yang berkaitan dengan Pemilu. Hanya bicara tentang kebangsaan,” jelas Presiden sesaat setelah bertemu dengan para uskup.

7. Pahlawan Arema
Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Dalam pesta olah raga terbesar di Asia ini, beberapa atlet Katolik juga ikut serta mewakili Indonesia dalam berbagai cabang olah raga. Dalam event ini, beberapa atlet ini mampu menyumbangkan prestasi terbaik bagi bangsa. Sebagai ungkapan syukur, Keuskupan Agung Jakarta mengadakan Misa di Katedral St Maria Diangkat ke Surga, Jakarta Pusat, Jumat, 7/9.

8. JOYFest
Untuk pertama kali, Keuskupan Agung Jakarta mengadakan Jakarta Catholic Youth Festival (JOYFest) 2018, di Hall 7 Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, Selasa, 11/9. Ribuan Orang Muda Katolik (OMK) dari semua paroki KAJ, dan bahkan dari keuskupan lain dan luar negeri menghadiri event ini.

9. Museum Maria Bunda Segala Bangsa
Mgr Ignatius Suharyo menandatangani prasasti Museum Maria Bunda Segala Suku, di Gedung Maria Centre Indonesia, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu, 20/10.

10. Gereja St Leo Agung
Berjuang sekitar 29 tahun, umat Paroki St Leo Agung boleh tersenyum. “Kata kuncinya adalah ‘harapan’. Inilah Penyelenggaraan Ilahi yang berlandaskan iman. Gedung gereja sudah diselesaikan, mungkin nanti defisit-defisitnya juga akan diselesaikan oleh Tuhan,” ujar Mgr Suharyo dalam peresmian Gereja St Leo Agung Jatiwaringin, Jakarta Timur, 9/12.

Marchella A. Vieba

HIDUP NO.52 2018, 30 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here