Br Siprianus Sokkot Ogo Sagoroujou SX: Pertama dari Mentawai

513
Bruder Sipri bersama keluarga setelah mengikrarkan kaul kekal. [Dok. Pastor Antonius Wahyudiyanto SX]
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.COM –  TANGGAL 28 Oktober 2018 menjadi hari istimewa bagi Bruder Siprianus Sokkot Ogo Sagoroujou SX. Tentu bukan karena hari itu bertepatan dengan peringatan “Sumpah Pemuda”.

Pada hari yang sama, Bruder Sipri mengikrarkan kaul kekal sebagai seorang bruder dari Serikat Xaverian. Dengan peristiwa ini, Bruder Sipri tercatat menjadi bruder Xaverian pertama yang berasal dari Mentawai.

Sejarah hidup panggilan Bruder Sipri diawali tatkala masuk pranovisiat dan novisiat Xaverian di Bintaro pada tahun 2007-2009. Usai menjalankan tahun novisiatnya di Bintaro, Bruder Siprianus mengikrarkan kaul pertamanya pada 1 Juli 2009.

Tahap formasi berikutnya adalah studi flsafat di STF Driyarkara antara tahun 2009 hingga 2013. Ia sempat menjalankan Tahun Orientasi Pastoral/Misionernya (TOM) di Paroki Padang Baru pada 2013-2014.  

Pada Agustus 2014 Bruder Sipri menerima tugas belajar bahasa Perancis dari Direksi Jenderal SX di Roma dan mendapat destinasi resmi di rumah teologi internasional di Yaounde, Kamerun, selama sekitar satu setengah tahun.

Setelah menyelesaikan tugas studi bahasa di Kamerun, ia diutus kembali ke Indonesia untuk mendalami karya pastoral katekese di Paroki Aek Nabara (Keuskupan Agung Medan) pada 2016-2017.

Pada Agustus 2017 hingga saat ini Bruder Siprianus menjalani program studi spesialisasi di bidang teologi di Fakultas Teologi Wedhabakti, Kentungan, Yogyakarta. Bruder yang mempunyai hobi bersepeda mengikrarkan kaul kekalnya di paroki asalnya, St Maria Diangkat ke Surga, Siberut, Keuskupan Padang.

Bruder Sipri berharap peristiwa ini menjadi sarana animasi yang efektif bagi kaum muda Mentawai. “Saya berharap lebih banyak anak muda Mentawai yang tertarik menjalani hidup panggilan sebagai imam atau bruder,” harap Bruder Sipri.


Pastor Antonius Wahyudiyanto SX

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here