Mempertanyakan Kewarasan Kita

52
Judul : Yakin Waras? ; Penulis : Mona Sugianto; Penerbit : Kanisius, 2018; Tebal Buku : 192 halaman.
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com –  SERING kali manusia berada di batas garis abu-abu kewarasan dan ketidak-warasan. Kewarasan adalah sebuah kondisi yang fluktuatif di hidup seseorang. Namun ketimbang menuding orang lain tidak waras, sang penulis mengajak kita untuk memeriksa lebih jauh batin kita dan bertanya, “Yakin kita waras?”

Buku Yakin Waras? adalah buku kedua Mona Sugianto, psikolog klinis yang membuka layanan psikologi bernama Ad Familia Indonesia. Sebagai psikolog, Mona kerap bertemu berbagai rupa klien dengan permasalahan-permasalahan yang dibawa. Ia bagaikan tong yang menampung “sampah-sampah” orang-orang yang ditemuinya.

Tong pun perlu dikosongkan agar bisa menerima sampah kembali, bukan? Namun sebagai psikolog, ia dibatasi oleh kode etik yang melarang untuk membeberkan rahasia klien.

Lewat buku ini, Mona menuangkan refleksi dan pelajaran yang ia dapat dari pengalaman hidup para klien ke dalam sebuah tulisan. Misalnya tentang perpisahan (hlm. 53), tentang rasa takut (hlm. 70) serta tentang pengalaman hidup Mona sendiri (hlm. 73). 

Buku ini berguna bagi individu-individu yang terpanggil untuk memahami dinamika yang  terjadi di dalam diri kita, orang-orang sekitar, maupun orang-orang yang sedang kita dampingi (hlm. 13).

Mona juga ingin mengajak siapapun untuk lebih menghayati ironi hidup manusia dan kelekatan yang kerap kali mengungkung sisi kemanusiaan seseorang.

 

Elisabeth Chrisandra J. T. D
HIDUP NO.50 2018, 16 Desember 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here