Pancasila dan Katolik

280
Judul : Mengamalkan Pancasila dalam terang Iman Katolik; Penulis : Petrus Danan Widharsana; Penerbit : Kanisius, 2018; Tebal : 224 halaman.
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com –  PANCASILA sebagai ideologi dan dasar negara Indonesia telah menyatukan warganya dalam keberagaman. Keberagaman tidak menjadi sebuah penghalang bagi warga Indonesia, tetapi justru menjadi sebuah kekayaan yang mempersatukan mereka di bawah satu ideologi yakni Pancasila.

Indonesia memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang sangat kaya makna. Nilai seperti keadilan, kemanusiaan, persatuan, hormat terhadap yang Ilahi, semangat kerja sama, gotong royong, saling membantu, dan mencintai telah menjadi bagian dari kehidupan bangsa sejak lama.

Nilai-nilai itu telah berkembang lama di setiap kebudayaan yang ada di Indonesia dan telah dirumuskan secara menyeluruh dan utuh oleh para founding fathers dalam kelima sila Pancasila. Dalam kelima sila Pancasila, sebenarnya telah terangkum dan memuat secara menyeluruh nilai-nilai kearifan lokal di Indonesia. 

Namun saat ini, nilai kelima sila Pancasila telah bias dan tergerus oleh berbagai macam kepentingan. Kelima sila Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara telah ada dan mesti dipertahankan, tetapi bagaimanakah upaya untuk mengamalkan kelima sila Pancasila itu khususnya bagi umat Katolik di Indonesia?

Buku ini berusaha menjawab persoalan tersebut. Bagi umat Katolik sendiri, uraian buku ini menunjukkan kepada pembaca dan menegaskan bahwa Pancasila selaras dengan landasan hidup umat beriman Katolik. Sehingga, umat Katolik di Indonesia memiliki tanggung jawab dan juga wajib untuk memperjuangkan Pancasila.

Satu yang cukup mendasar dari pancasila adalah cinta kasih yang menjadi perekat kelima sila Pancasila. Ajaran cinta kasih merupakan dasar ajaran dari Yesus sendiri. Oleh karena itu, umat Katolik berusaha mengamalkan Pancasila sebagai sebuah keharusan.

Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, dengan sendirinya orang Katolik mengusahakan perwujudan dari perintah dan ajaran utama Yesus itu. Dalam buku ini, perwujudan kelima sila Pancasila dalam terang iman Katolik dibahas dengan sungguh menarik serta diberikan landasan kitab suci, ajaran Gereja, dan juga contoh-contoh dari kehidupan nyata saat ini.

Selain itu, diberikan pula data-data tentang realitas kehidupan berpancasila di Indonesia. Oleh karena itu, buku ini sangat baik bagi umat Katolik untuk semakin memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai sila Pancasila sebagai bentuk tanggung jawab terhadap negara Indonesia maupun sebagai pengikut Yesus.


Gregorius Marlan Daun Allo
HIDUP NO.01 2019, 06 Januari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here