Penting Menjaga Tradisi Katolik

188
Paus Fransiskus berjumpa dengan para staf dan mahasiswa Institut Augustinianum Patristik pada Sabtu, 16/2 di Roma.
[Dok. Vatican Media]
Penting Menjaga Tradisi Katolik
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Institut Augustinianum Patristik merayakan 50 tahun berdirinya bersama Paus Fransiskus pada hari Sabtu, 16/2 di Roma. Institut yang didirikan oleh St Paulus VI ini merupakan sebuah lembaga yang mendedikasikan diri untuk memelihara serta menumbuhkan ilmu suci. Pengembangan disiplin ilmunya berlandaskan pada tulisan para Bapa Gereja dengan memberikan perhatian khusus kepada St. Agustinus.

Sekitar 250 mahasiswa dan staf berkumpul mendengar wejangan Paus dalam upaya memajukan Institut. Bapa suci menekankan pentingnya menjaga dan mentransmisikan kekakayaan tradisi Katolik yang sangat penting bagi Gereja. Paus juga memberikan penghormatan kepada banyak profesor yang berkontribusi. Secara khusus, Paus menyebutkan Maria Grazia Mara. “Ia telah mengajarkan banyak hal dan pada usia 95 tahun pun masih menerbitkan dan mengajarkan katekese kepada anak-anak,” ujar Paus bangga seperti dilansir www.vaticannews.it, 16/2.

Mengutip Konstitusi Apostolik Veritatis Gaudium tentang universitas dan fakultas gerejawi, Paus Fransiskus mendorong mereka yang hadir untuk menjadi akademisi yang setia pada akar dan tugas. “Kegembiraan sebuah kebenaran ialah mengungkapkan kegelisahan hati manusia sampai bertemu dan berdiam di sana dalam Terang Tuhan, dan berbagi Terang itu dengan semua orang,” ujar Paus.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.08 2019, 24 Februari 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here