Relikui Santo Camilus ‘Pelindung Orang Sakit’ Tiba di Indonesia

4163
Pastor Cyrelus Suparman Andi, MI (paling kiri) menyambut Pastor Rodel Enriquez (Direktur Eksekutif di Pusat Perawatan Pastoral St. Camillus) bersama rombongan dari Filipina yang membawa reliqui jantung St Kamilus tiba di Terminal-3, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta pada Selasa (02/4/2019) siang. [Dok.Ist.]
Relikui Santo Camilus ‘Pelindung Orang Sakit’ Tiba di Indonesia
4.8 (95%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com – Peninggalan suci Santo Camillus de Lellis, pelindung universal orang sakit, dokter, perawat, pekerja kesehatan, dan pendiri Ordo Para Menteri Infirm (Camillian) lima tahun silam telah melakukan perjalanan keliling Filipina, untuk merayakan ulang tahun kematiannya yang ke-400 (1614-2014).

Pastor Cyrelus Suparman Andi, MI memegang relikui St Camilus. [Dok.Ist.]
Setelah mengunjungi Filipina sampai akhir Maret 2019, kini relikui Santo Camilus telah tiba mengunjungi Indonesia pada periode 2 April hingga akhir April 2019. Ziarah Jantung dari Santo Camilus ke Indonesia bersamaan dengan perayaan tahun kesepuluh (2009-2019) berdirinya Kongregasi Camilian di Indonesia.

Pada mulanya berawal dari kasih St Kamilus yang begitu besar terhadap orang sakit, mendorong para pengikutnya untuk mengabdikan hidup beliau dengan menyimpan jantungnya.

Baca juga: https://www.hidupkatolik.com/2019/04/02/34641/ini-jadwal-ziarah-relikui-st-camilus-de-lellis-di-indonesia/

Maka sejam setelah wafatnya pada tanggal 14 Juli, 1614, jantungnya diambil, dirawat dengan baik, lalu disimpan dalam sebuah wadah bertuliskan, “Jantung Bapa Pendiri Kamilus”, diabadikan di Gereja St Maria Magdalene, Roma, Italia.

Rektor Seminari Santo Kamilus, Maumere, Pastor Cyrelus Suparman Andi, MI, selaku ketua penyambutan mengajak seluruh umat Katolik untuk datang dan melakukan devosi pribadi langsung di hadapan relikui, diikuti dengan Perayaan Ekaristi untuk orang sakit. (Dari berbagai sumber).

 

Antonius Bilandoro

4 COMMENTS

    • Halo Arum, untuk jadwal kunjungan relikui di Gereja St. Laurensius Alam Sutera tengah berlangsung pada Senin-Selasa, 29-30 April 2019 ini. Semoga sempat berkunjung ya. Salam damai dan Hidup

      • Sebagai tambahan, hari ini, Selasa 30 April 2019, Ziarah Relikui Jantung St Kamilus de Lellis tengah berlangsung pada 07.00-17.00 WIB (Venerasi; Doa dan konseling dengan Romo-max.300 orang), dilanjutkan dengan misa khusus untuk orang sakit pada pukul 18.00-19.30 WIB. Semoga Tuhan memberkati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here