Uskup Agung Merauke: Jangan Biarkan Negara Diatur oleh Orang yang Tidak Mengakui Pancasila

2954
Uskup Agung Merauke, Mgr. Nicholaus Adi Seputra, MSC. [HIDUP/Antonius Bilandoro]
Uskup Agung Merauke: Jangan Biarkan Negara Diatur oleh Orang yang Tidak Mengakui Pancasila
3.8 (75%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.COMJangan biarkan negara dan bangsa ini diatur oleh orang-orang radikal, bukan nasionalis dan tidak mengakui Pancasila, menolak keberagaman adat, budaya, suku dan agama. Kalau dipimpin oleh orang-orang yang demikian, negara dan bangsa ini akan jadi apa? Maka, jangan golput alias tidak mencoblos. Pergilah ke TPS dan cobloslah.

Demikian disampaikan oleh Uskup Agung Merauke, Mgr Nicholaus Adi Seputra MSC dalam Surat Gembala Pemilu 2019, tertanggal Sabtu (30/3/2019) dan diterima oleh redaksi.

Secara khusus, Mgr. Nicholaus mengimbau agar umat Katolik harus berperan serta dan bertanggung jawab atas pemilu nanti dengan menjadi pemilih yang beriman, cerdas, dan bijaksana sebagai bukti nyata pro ecclesia et patria (demi Gereja dan tanah air).

Mgr Nicholaus juga mengutip Kitab Putra Sirakh yang menegaskan: Pemerintah yang bijak menjamin ketertiban dalam masyarakat, pemerintah yang arif adalah yang teratur. Seperti para penguasa, demikian pula para pegawainya; seperti pemerintah kota, demikian pula semua penduduknya. Raja yang tidak terdidik membinasakan rakyatnya, tetapi sebuah kota sejahtera, berkat kearifan para pembesarnya. Pemerintahan beralih dari bangsa yang satu ke bangsa yang lain akibat kelaliman, kekerasan dan uang(Sir. 10: 1-2, 8).

Selanjutnya Mgr Nicholaus mengajak umat beriman Katolik untuk memohon berkat dan perlindungan Allah Tritunggal, Bunda Maria, St. Yoseph dan para kudus, agar pilpres dan pileg nanti berjalan dengan aman, damai, jujur, dan adil serta hasilnya menjawab cita-cita bangsa Indonesia.

Selengkapnya isi surat gembala tersebut adalah sebagai berikut:

2 COMMENTS

  1. Selamat menjalani on going formation dgn gembira di roma Mgr. Nicolaus Adiseputra MSC. Tersenyumlah selalu dan agungkan Nama Tuhan yg sangat dahsyat menyatakan kebenaran dlm sekejap. Tp jgn bergembira secara brlebihan ntar cepat game over spt yg lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here