Festival Milenial Kebangsaan 6 April: Ajakan untuk Menjadi Pemilih Cerdas

430
Festival Milenial Kebangsaan 6 April: Ajakan untuk Menjadi Pemilih Cerdas
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Dalam rangka mendorong partisipasi kaum milenial dalam Pemilu 2019, KOKAPPI (Komite Ormas Katolik Peduli Pemilu) bersama Komisi Kerawam KWI dan Komisi Kepemudaan KWI serta Majelis Nasional Pendidikan Katolik KWI menggagas acara Festival Millenial Kebangsaan Pemilih Cerdas yang akan digelar di Hall Basket Istora Senayan Jakarta pada Sabtu (06/04) pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

“Latar belakang digelarnya Millenial Festive ini salah satunya terkait dengan hasil survey perilaku pemilih dalam Pemilu 2019 yang menempatkan pemilih pemula berpotensi besar untuk tidak memilih alias Golput” kata Margareta Astaman selaku Ketua Panitia Kegiatan Millenial Festive dalam pengarahan panitia di Sekretariat DPP WKRI, Jakarta Timur (03/04).

Dalam catatan terpisah, CSIS (Centre for Strategic and International Studies) mensurvey bahwa 13 juta pemilih pada tanggal pelaksanaan Pemilu, 17 April 2019 mendatang telah berencana untuk liburan atau tidak akan nyoblos. Dari jumlah tersebut, 21,4% adalah dari kalangan Kristen dan Katolik.

Margareta Astaman yang akrab dipanggil Margie, memaparkan, terdapat tiga hal tujuan utama dari gelaran Millenial Festive ini yaitu pertama, mengajak generasi milenial untuk melek politik melalui kegiatan milenial berupa kreasi seni dan budaya; kedua, memberikan wawasan kebangsaan dan kepemimpinan nasional; dan ketiga, mengajak kaum milenial di Keuskupan Agung Jakarta dan sekitarnya untuk menyongsong Pemilu 2019 dengan penuh sukacita.

Acara tersebut akan menyajikan suasana hiburan edukatif untuk milenial diantaranya berupa penampilan grup musik d’Cinnamons, nge-jam bersama Asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 Yunan Helmi, dan Canisius Wind Ansamble. Ada pula pertujukan Stand Up Comedy, serta grup band dan tarian kontemporer maupun modern.

Di sela-sela hiburan, pada sesi talkshow, para milenial diajak ikut serta dalam diskusi interaktif tentang “Kenapa sih harus ikut Pemilu? Gimana sih memilih pemimpin dan wakil rakyat yang baik?“‘. Bersama narasumber, Pastor Antonius Haryanto (Sekretaris Eksekutif Komisi Kepemudaan KWI) dan Reinold Lawalata (Komika peserta Stand Up Comedy Academy-SUCA 3 Indosiar).

Menurut informasi terakhir dari panitia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia Ignasius Jonan akan hadir dalam acara ini.

Pastor PC Siswantoko, Pr selaku Sekretaris Eksekutif Komisi Kerasulan Awam KWI juga menegaskan bahwa pemilu 17 April 2019 sudah tinggal menghitung hari dan sudah saatnya generasi milenial ikut menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan dengan datang ke TPS dan mencoblos.

Ia berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi kesempatan untuk menggelorakan rasa cinta terhadap bangsa dan orang muda Katolik siap untuk menjadi pemilih yang cerdas.

Ajang Millenial Festive ini terbuka bagi seluruh Orang Muda Katolik dari setiap paroki maupun kelompok kategorial se-Keuskupan Agung Jakarta, Keuskupan Bogor, dan Keuskupan Bandung untuk hadir dan ikut berpartisipasi.

Ketua Panitia Kegiatan Millenial Festive, Margareta Astaman (keempat dari kanan-atas) bersama Panitia Millenial Festive 6 April 2019. [Dok.Panitia Millenial Festive]
Panitia Millenial Festive diantaranya adalah KOKAPPI (Komite Ormas Katolik Peduli Pemilu) yang terdiri dari PMKRI, ISKA, WKRI, dan Pemuda Katolik.

Tertarik? Segera hubungi Seksi Kepemudaan atau Pastor Paroki kamu masing-masing untuk pendaftaran.

Bisa juga klik http://bit.ly/MillennialFestival untuk pendaftaran online atau menghubungi Linda (0899-9150-338) atau Ferland (0852 1909 5999).

Mencoblos Yes! Golput, No!

 

Laporan: Bondan Wicaksono/ Benny Wijayanto/ Panitia Festival Millenial
Editor: Antonius Bilandoro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here