Katedral Notre-Dame Paris Terbakar

253
1.5/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com –  Katedral Notre-Dame Paris, simbol keindahan dan sejarah Kota, terbakar pada senin malam, 15 April 2019 yang mengakibatkan puncak atap gereja runtuh.

Api berkobar hebat dari atap Khatedral yang terbuat dari kayu, sehingga mengejutkan ribuan orang yang berkumpul di sepanjang Sungai Seinie dan memenuhi alun-alun di Hotel De Ville, banyak dari mereka histeris dan meneteskan air mata.

“Seperti kehilangan anggota keluarga sendiri,” kata Pierre Guillaume Bonnet, seorang direktur pemasaran berusia 45 tahun. “Bagi saya ada begitu banyak kenangan yang terikat di dalamnya.”

Kebakaran di Katedral Notre-Dame. Senin 15 April 2019.
Foto: Thibault Camus / Associated Press

Sekitar 500 petugas pemadam kebakaran memadamkan api selama hampir lima jam. Pada pukul 11 malam waktu Paris. “Struktur itu telah diselamatkan secara keseluruhan,” kata kepala pemadam kebakaran, Jean Claude Gallet. Dua menara megah yang menjulang di atas kaki langit telah diselamatkan, katanya, tetapi dua pertiga atapnya hancur.

“Yang terburuk telah dihindari, meskipun perjuangan memadamkan tidak sepenuhnya dimenangkan,” kata Presiden Emmanuel Macron dalam pidato singkat dan bersumpah Katedral akan dibangun kembali. “Ini adalah tempat di mana kita telah menjalani semua momen besar kita, pusat kehidupan kita,” katanya. “Ini adalah Katedral dari semua orang Prancis.”

“Penyebab kebakaran belum bisa diketahui, kata para pejabat. Kemungkinan berasal dari interior balok kayu yang berasal dari abad pertengahan,” kata Mgr. Patrick Chauvet.

(Lourentius EP)

Sumber : The New York Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here