Tuhan Memilih

84
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comKis. 2:36-41; Mzm. 33:4-5,18-19,20,22; Yoh. 20:11-18

DIALOG antara Maria Magdalena dengan Yesus yang bangkit ini hanya terdapat dalam Injil Yohanes. Adegan yang menarik adalah ketika Maria Magdalena melihat Yesus yang bangkit, tetapi ia tidak tahu bahwa itu adalah Yesus (ay. 14).

Barulah ketika Yesus menyapanya secara personal, Maria mengenali bahwa Dia adalah Yesus (ay. 15-16). Pertanyaan Yesus kepada Maria, “Siapakah yang engkau cari?” merupakan pertanyaan istimewa dalam Injil Yohanes. Mengapa?

Pertanyaan seperti ini sebelumnya sudah muncul di tempat lain dalam konteks yang kurang lebih sama, yaitu dalam Yoh 1:30 saat dua murid Yohanes Pembaptis bergerak mengikuti Yesus. Pertanyaan Yesus membuka komunikasi antara Yesus dan dua murid itu.

Sekarang pun, pertanyaan Yesus itu membuka komunikasi antara Maria dengan Yesus. Tanpa pertanyaan Yesus ini, Maria tidak mampu mengenal Yesus dan menganggapNya sebagai “penunggu taman.” 

Dengan kata lain, tanpa inisiatif dari Yang Ilahi, manusia tidak akan pernah bisa mencapai
Yang Ilahi itu.

Lalu? Hanya kalau Allah turun dan berbicara kepada manusia dalam bahasa manusia, maka manusia bisa mengenal Allah yang benar.

Di titik ini mungkin kita bisa merenungkan lagi apa yang dikatakan Tuhan dalam Injil Keempat, “Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu” (15,16).

 

Pastor Dr. V. Indra Sanjaya
Dosen Kitab Suci Pasca Sarjana Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here