Keterlibatan Umat Katolik Paroki Cikarang dalam Pelayanannya di Masyarakat

Lingkungan Yakobus Paroki Cikarang Dalam Pelayanannya di Masyarakat

115
Warga bersama umat Katolik melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah wabah demam berdarah di RT 006 RW 011 Kelurahan Mekar Mukti, Cikarang Baru.
Keterlibatan Umat Katolik Paroki Cikarang dalam Pelayanannya di Masyarakat
3 (60%) 7 votes

HIDUPKATOLIK.com – Diawali adanya warga RT 006 RW 011, Kelurahan Mekar Mukti, Cikarang Baru, terkena demam berdarah, yang juga berada di dalam lingkungan Yakobus Paroki Cikarang, maka Bidang Pelayanan Seksi Kesehatan Paroki mengadakan pengasapan atau fogging di wilayah tersebut pada Minggu 21 April 2019. Paroki membantu berupa alat dan obat nyamuk, sedangkan bahan bakar dari swadaya masyarakat setempat dan dikerjakan oleh operator secara bergantian.

Pengadaan alat fogging di Paroki Cikarang dilakukan sekitar 2002, sebagai sarana untuk berbagi dengan masyarakat sekitar, sebagai wujud dari Visi Paroki yaitu Paguyuban umat beriman yang mau berbagi dan merakyat.

Warga bersama umat katolik melakukan pengasapan atau fogging untuk mencegah terjangkitnya wabah deman berdarah di RT 006 RW 011 Kelurahan Mekar Mukti Cikarang Baru.

Menurut Johanes dari lingkungan Yakobus, penggunaan fogging pada awalnya hanya berpusat di Paroki saja dan bekerjasama dengan operator non umat. Namun karena melihat keadaan dari lingkungan yang sangat memerlukan pengasapan untuk menghindari wabah dari penyakit demam berdarah, maka diadakan pelatihan untuk umat sekaligus perawatannya.

Saat ini ada empat alat fogging, yang terbagi di tiga lokasi wilayah besar yaitu utara, tengah dan selatan. Peminjaman diajukan kepada koordinator wilayah dan bertanggung jawab terhadap keadaan mesin.

“Pada prinsipnya kita mengajak kerjasama kepada lingkungan sekitar tempat tinggal umat, baik RT maupun RW, sehingga kita terbuka kepada mereka bahwa ini Karya Kasih untuk kemanusiaan,” kata Johanes.

(Lourentius EP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here