Wajah Yesus dalam Diri Pengungsi

19
Para migran terlibat dalam kursus pembuat pizza di Kota Caserta, Italia Selatan.
[ANSA]
Wajah Yesus dalam Diri Pengungsi
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Tema Hari Migran dan Pengungsi tahun 2019 yang dirayakan pada Minggu, 29 September telah dirilis seperti dilansir vaticannews.it, 3/2. Tajuk “Ini Bukan Hanya Tentang Migran” diumumkan oleh Diskateri Vatikan Bagian Migran dan Pengungsi untuk mempromosikan pembangunan integral manusia yang dikepalai oleh Paus Fransiskus sendiri.

Wakil Sekretaris Bagian Migran dan Pengungsi, Pastor Michael Czerny SJ menjelaskan dengan tema ini Paus ingin menggarisbawahi permohonannya untuk memasukan migran, pengungsi, dan orang yang diperdagangkan sebagai bagian integral dari karyanya. Keprihatinan mendalam bagi seluruh masyarakat pinggiran saat ini. Pastor Czerny menjelaskan bahwa perayaan tahun ini bertujuan untuk membantu umat menyadari betapa dalamnya semua umat terlibat, “sebagai komunitas dan umat Kristen, kita dipanggil untuk menanggapi dan mencerminkan kehidupan iman dan komitmen kita dengan terlibat menanggapi mereka yang rentan.”

Ia juga menegaskan untuk melihat wajah Yesus dalam diri para migran dan orang yang rentan itu. Hal ini pun terus menerus diingatkan oleh Paus dengan mengenang kata Yesus, “Ketika saya adalah orang asing, kamu menyambut aku.” Dengan demikian, Paus akan selalu menyambut mereka yang mengetuk pintu untuk mencari perlindungan dan masa depan yang lebih baik. Guna mendukung visi Paus, Bagian Migran dan Pengungsi dari Departemen Promosi Pembangunan Integral Manusia akan meluncurkan kampanye komunikasi beker-jasama sengan Konferensi Migrasi, Konferensi Waligereja, dan Komisi Organisasi Katolik yang terlibat dengan para migran dan pengungsi. “Kami mengundang semua orang untuk bergabung dengan kami di media sosial, dalam refleksi Alkitab dan ajaran Paus dan tentang sumber-sumber lain yang akan membantu kita merayakan hari ini dengan sukacita dan dengan pemahaman”.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.10 2019, 10 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here