Adaptif tapi Tetap Menjaga Spirit

23
Ketua Bidang Organisasi PP Pemuda Katolik Arnoldus Jansen da Gomez menyerahkan pataka Pemuda Katolik kepada Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta, Robertus Bondan Wicaksono.
[Dok. Pemuda Katolik DKI Jakarta]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Menghadapi tantangan zaman yang kian kompleks, Pemuda Katolik harus adaptif. Asal tetap menjaga spirit organisasi.

Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat (PP) Pemuda Katolik, Arnoldus Jansen da Gomez, menyambut baik dan merasa gembira atas pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) DKI Jakarta beserta Komisariat Cabang (Komcab) se-DKI Jakarta periode 2018-2021.

Gomez juga optimistis, meski para pengurus dan anggota organisasi ini berasal dari beragam latar belakang suku dan profesi, tetap mampu menjadi kader terbaik untuk membangun organisasi, Gereja, dan bangsa. “Wajah-wajah segar menghiasi kepengurusan dan menjadi anggota Komda DKI Jakarta. Inilah yang setiap tahun kami rindukan. Dari berbagai suku dan latar belakang profesi dipersatukan melalui Pemuda Katolik. Maka dari itu, ada kebutuhan bersama tentang membangun kembali kaderisasi Pemuda Katolik sebagai pejuang Gereja dan bangsa,” Ujar Gomez, saat memimpin upacara pelatikan tersebut.

Upacara pelantikan pengurus Komda DKI Jakarta dan Komcab se-DKI Jakarta berlangsung di Gedung Nusantara V, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu, 11/5. Hadir dalam acara itu Dewan Penasehat Komda DKI Jakarta sekaligus anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala.

Dalam sambutannya, Meliala berpesan agar Pemuda Katolik mampu menampilkan diri sebagai organisasi yang modern, yang tidak lagi terjebak dengan birokratisme dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, terutama dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Ketua Pemuda Katolik Komda DKI Jakarta, Robertus Bondan Wicaksono, mengucap syukur dan memberikan apresiasi atas proses pelantikan Pemuda Katolik ini. Bondan mengajak para pengurus dan anggota untuk bersama-sama berkomitmen, membangun Pemuda Katolik DKI Jakarta, menjadi organisasi yang berorientasi pada perjuangan untuk mewujudkan kepentingan umum.

Sebab, lanjut Bondan, tantangan serta permasalahan di Jakarta sangat kompleks, antara lain soal kemiskinan, intoleransi, lingkungan hidup, dan berbagai persoalan sosial lain yang ada di ibu kota. Maka, Pemuda Katolik selain sebagai organisasi, kader juga mampu ikut terlibat dalam memberikan kontribusi dalam permasalahan di Jakarta.

Moderator Pemuda Katolik DKI Jakarta, Pastor Markus Yumartana SJ, menyampaikan secara terpisah bahwa, perlu ada pembinaan spiritualitas atau iman para kader Pemuda Katolik dan. Selain itu, juga perlu ada kaderisasi berkesinambungan untuk menghadapi tantangan arus zaman yang semakin kompleks.

Pelantikan pengurus Pemuda Katolik DKI Jakarta dilakukan secara serentak dengan Komcab Jakarta Barat, Komcab Jakarta Utara, Komcab Jakarta Selatan, Komcab Jakarta Timur dan Komcab Jakarta Pusat.

Pada kesempatan itu hadir pula Plt Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri, Ketua Ikatan Sarjana Katolik Indonesia DKI Jabodetabek Heru Sukrisna, Bendahara Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia Suci Mayang Sari, Dewan Pakar PP Pemuda Katolik Kikin Tarigan dan organisasi lintas agama.

Antonius Benny Wijayanto

HIDUP NO.21 2019, 26 Mei 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here