Antonius Riyanto Wibowo : Volunteer Lingkungan Hidup

124
Antonius Riyanto Wibowo.
[NN/Dok.Pribadi]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Berawal dari hobinya mendaki gunung, membuat Antonius Riyanto Wibowo semakin mencintai alam. Kecintaannya terhadap alam membawa pria yang akrab disapa Anto ini bersama teman-teman di komunitasnya bergabung ke dalam satu wadah organisasi Pecinta Alam Paroki Salib Suci (PALAPASS).

Ketua PALAPASS yang baru saja melakukan serah terima jabatan pada akhir Januari ini pun kerap memberikan materi tentang pendakian seperti navigasi darat, tali temali, survivor, pertolongan pertama gawat darurat, dan rescue. Selain itu juga memberikan edukasi tentang pilah sampah. “Tantangannya ya ke arah merubah mindset orang untuk lebih sadar akan pilah sampah ini. Jadi kami melakukan sebagai yang memulai, agar yang lain juga bisa ikut mau bergerak,” jelas Anto.

Kelahiran Jakarta, 24 Juli 1988 ini tak menampik, ia mengalami pasang surut dalam kecintaannya pada lingkungan. “Itu manusiawi pasti, tapi balik lagi gimana caranya kalau jenuh ya istirahat sebentar kemudian minggu berikutnya lanjut (opsi) lagi,” ujarnya.

Anto berharap semakin banyak volunteer yang sadar akan lingkungan hidup. “Tetap semangat pelayanan, tetap solid. Untuk teman-teman yang suka naik gunung juga, meski istilahnya bukan pecinta alam juga ngikutin prosedur. Siapin mental dan fisik, dan sampah juga jangan lupa dibawa turun lagi,” tandasnya.

Marchella A. Vieba

HIDUP NO.12 2019, 24 Maret 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here