Umat Katolik Doakan Ibu Ani Yudhoyono

248
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Umat Katolik mendoakan keselamatan jiwa mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono yang meninggal dunia di Singapura (1/6).

Doa itu dipanjatkan oleh Uskup Agung Makassar Mgr Jhon Liku Ada saat memimpin perayaan Ekaristi Hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-53 di Paroki Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu (2/6).

Perayaan ini sekaligus menutup Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) keenam yang berlangsung di Makassar dan Makale.

Dalam khotbahnya, Uskup Jhon mengajak umat Katolik mewujudnyatakan harapan Paus Fransiskus agar memanfaatkan sarana internet dan medsos dengan baik dan benar, membangun komunitas Kristiani menuju komunitas insani. “Jejaring sosial dipakai untuk mempererat hubungan antar manusia. Alat komunikasi itu netral, tergantung dari sikap kita, bagaimana kita menggunakannya,” ujarnya.

Media sosial, ujarnya, harus dipakai untuk membangun dan memperkuat komunikasi dalam keluarga sebagai sel atau Gereja kecil. “Jangan sampai ironi ini terjadi: menjauhkan yang dekat, dan mendekatkan yang jauh,” ujar uskup dalam misa konsebrasi bersama para imam delegasi keuskupan dan imam yang berkarya di Keuskupan Aguang Makassar, khususnya di Kevikepan Toraja.

PKSN diisi dengan pelbagai kegiatan seperti seminar nasional literasi media, lokakarya sinematografi, jurnalistik, debat, dan lain-lain.

Pada malam budaya (1/6), diadakan pentas budaya sekaligus tirakatan hari kelahiran Pancasila. Walau diguyur hujan, acara terus berlangsung dengan penampilan teater, tari-tarian masyarakat Tanah Toraja, dan orasi kebangsaan yang disampaikan Pastor Albert Arina.

Pastor Albert mengobarkan kembali semangat kebangsaan kita yang bertumbuh dari tradisi dan kearifan lokal. Ia juga berharap, umat Katolik menggemakan terus semangat seratus persen Katolik dan seratus persen Indonesia sebagaimana diamanatkan Uskup Albertus Soegijapranata.

PKSN ketujuh akan digelar di Atambua, Keuskupan Atambua, Nusa Tenggara Timur, 2020 mendatang.

Hasiholan Siagian (Tana Toraja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here