Anna Josefine Beiste : Pencangkul dari Jerman

46
Anna Josefi ne Beiste.
[Dok. Fr Andreas Anggit]
Anna Josefine Beiste : Pencangkul dari Jerman
4 (80%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Anna Josefi ne Beiste tertantang hidup di luar negara asalnya Jerman. Kesempatan itu datang, saat ada sebuah tawaran menjadi sukarelawan yang akan dikirim untuk menjadi pendamping di sebuah panti asuhan di Indonesia. Ia tak perlu lama berpikir untuk menerima tawaran dari Kongregasi Suster Putri Hati Kudus Yesus dan Maria (Fransiscane Cordis Jesu et Mariae/FCJM).

“Seorang suster FCJM yang saja jumpai di Jerman menawari saya untuk menjadi relawan di Indonesia. Mereka bilang di Indonesia saya akan bekerja di panti asuhan. Karena saya juga cinta anak-anak, saya pun tertarik,” ujar Anna.

Saat akhirnya tiba di Indonesia, Anna kini bekerja di Panti Asuhan St Pius X, Pematangsiantar, Sumatera Utara. Ternyata tugasnya tidak hanya mendampingi anak belajar. Di sana ia turun tangan untuk bekerja di kebun dan merawat ternak. “Pagi hari saya ikut berkebun. Lalu, pada siang hari saya membersihkan kandang babi,” ucap kelahiran, 16 Februari 1999 ini.

Meski baru, pertama kali menggenggam cangkul, Anna tak canggung saat suatu hari ia harus mencangkul di kebun bersama beberapa anak panti. “Ini pertama kali saya mencangkul. Anak-anak menertawai saya saat itu, tapi, sepertinya saya sangat suka mencangkul,” ujar alumna Neues Gymnasium Bochum ini.

Fr Andreas Anggit/Antonius E. Sugiyanto

HIDUP NO.16 2019, 21 April 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here