Sumbangan Paus bagi Migran

33
Para imigran dari Amerika Tengah naik di atas kereta api barang selama perjalanan mereka menuju perbatasan AS-Meksiko, di Ixtepec, Negara Bagian Oaxaca, Meksiko, Selasa, 23 April 2019.
[Moises Castillo/AP]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus menyumbang sebesar 500.000 dolar Amerika Serikat atau setara 7 milyar rupiah untuk membantu para imigran di Meksiko. Dana tersebut untuk membiayai proyek-proyek lokal bagi penyediaan pangan, penginapan, dan kebutuhan pokok lainnya. Bantuan yang dikumpulkan oleh Peter Pence Collection ini akan didistribusikan dalam 27 proyek yang didukung oleh 16 keuskupan dan tarekat di Meksiko demikian dilansir www.cruxnow.com, 28/4.

Dari beberapa proyek yang diajukan, 13 proposal telah disetujui untuk Keuskupan Cuautitlan, Nogales, Mazatlan, Querétaro, San Andrés Tuxtla, Nuevo Laredo, dan Tijuana. Ada juga sebagian dana yang disalurkan lewat Kongregasi Scalabrinians, jemaat Hati Kudus Yesus dan Maria, tarekat Sustersuster Josefinas. Sedangkan 14 proyek lainnya sedang dievaluasi.

Dalam beberapa bulan terakhir, ribuan imigran tiba di Meksiko, meraka sebagian besar bepergian dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan darurat dari Honduras, El Salvador, dan Guatemala. Tetapi mereka telah diblokir di perbatasan dengan Amerika Serikat.

Bantuan dari Paus itu dimaksudkan untuk membantu lebih dari 75.000 orang yang tiba di Meksiko pada tahun 2018. Mereka terdiri dari pria dan wanita bersama dengan anak-anak mereka. Kini semua orang ini terdampar, tidak bisa memasuki Amerika Serikat, tanpa rumah atau mata pencaharian. “Mereka melarikan diri dari kemiskinan dan kekerasan, berharap untuk masa depan yang lebih baik di Amerika Serikat,” tutur Peter Pence salah satu relawan yang menangani imigran itu.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.18 2019, 5 Mei 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here