Perempuan Pimpin Media Vatikan

55
Rita Pinci.
[Dok.CNS/Stefania Casellato, seizin TV2000]
Perempuan Pimpin Media Vatikan
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Surat Kabar Vatikan, L’Osservatore Romano, menunjuk direktur dan dewan editorial baru untuk majalah wanita, “Women-Church-World” (Perempuan-Gereja-Dunia). Pengumuman itu muncul sedikit lebih dari satu bulan setelah pendiri dan mantan direktur majalah, Lucetta Scaraffia, mengundurkan diri bersama dengan staf editorialnya, mengklaim kurangnya kepercayaan dan dukungan dari manajemen baru di surat kabar.

Surat kabar itu mengumumkan pada Minggu, 30/4 bahwa kepala dewan redaksi yang baru adalah Rita Pinci, seorang jurnalis Italia yang bekerja di TV2000, stasiun televisi para uskup Italia. Rita menghabiskan 20 tahun di surat kabar harian Italia, ‘Il Messaggero’, mulai sebagai koresponden dan kemudian menjadi wanita Italia pertama yang menjadi pemimpin redaksi dan wakil direktur surat kabar harian nasional utama. Ia juga menjabat sebagai wakil direktur dua majalah mingguan utama, Panorama dan Chi. Dalam pernyataan tertulis ia menyatakan meskipun ia bukanlah seorang teolog, sejarawan Gereja atau ahli Vatikan, “Saya seorang jurnalis. Saya adalah orang percaya dan saya pikir Gereja membutuhkan pandangan dan suara perempuan yang mewakili lebih dari setengah umat beriman,” tulisnya seperti dilansir catholicherald.co.uk, 1/5. Paus Fransiskus telah menunjuk Andrea Monda, seorang jurnalis dan guru agama Italia, untuk menjadi editor L’Osservatore Romano pada bulan Desember.

Ada sepuluh anggota baru dewan editorial majalah ini termasuk sejumlah profesor, peneliti, dan penulis Katolik Italia serta Amy-Jill Levine, seorang sarjana, sejarawan, dan penulis yang berbasis di AS. Yankee feminis Yahudi, ”yang mengajar di Vanderbilt University; Shahrzad Houshmand Zadeh, mantan dosen studi Islam di Universitas Kepausan Gregorian di Roma dan wakil presiden kelompok konsultasi wanita Dewan Kepausan untuk Kebudayaan.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.19 2019, 12 Mei 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here