Paus Fransiskus : Bangun dari Kenangan Buruk

68
Paus Fransiskus saat memimpin misa di Cavour Square, Camerino.
[Dok.Vaticannews]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus memimpin misa mingguan di Cavour Square, Camerino (16/7), dengan perikop Mazmur 8: 5, “Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya?” Perikop ini membuat Paus Fransiskus teringat akan lika liku kehidupan manusia zaman sekarang, seperti dilansir dari Vaticannews. “Hadapi apa yang terjadi padamu” katanya.

Caveour Square adalah salah satu dari lokasi yang terkena dampak gempa bumi tiga tahun yang lalu. Gempa dengan kekuatan 6,6 skala richter yang melanda Camerino dan perbukitan Italia pada tanggal 24 Agustus 2016 dan kembali melanda pada tanggal 30 Oktober 2017. Gempa yang menewaskan hampir 300 orang adalah gempa bumi yang paling desktruktif lebih dari 30 tahun di Italia. Sejak saat itu, warga setempat berjuang untuk pulih.

Paus Fransiskus melanjutkan homilinya. “Dengan robohnya rumah dan bangunan tersisa puing-puing, pertanyaan muncul: apa yang terjadi dengan manusia jika harapannya menjadi sia-sia atau bahkan hilang menjadi debu?”

Dilansir dari Vaticannews, Paus Fransiskus memberi refleksi untuk memulihkan kenangan buruk yang menimpa warga setempat dengan mengingat bahwa Tuhan tidak akan melupakan kita, terus berharap dan mendekatkan diri satu sama lain. “Tuhan justru mendorong kita untuk mengingat, memperbaiki, membangun kembali, dan berjuang bersama-sama, tanpa melupakan mereka yang menderita,” pungkasnya. Selain itu, Paus Fransiskus juga mengajak untuk berpegang dalam doa sehingga yang tidak stabil di bumi ini, tidak akan mengguncang kita.

Karina Chrisyantia
Sumber: catholicnewsagency & vaticannews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here