Beatifikasi Pertama Numerari Opus Dei

99
Misa Beatifikasi Guadalupe Ortiz de Landazuri di Madrid.
[Dok. Opus Dei]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Seorang wanita awam yang berprofesi sebagai ahli kimia dan dosen universitas menjadi numerari pertama Opus Dei yang akan dibeatifikasi. Hal ini telah diumukan pada tanggal 18 Mei di Madrid. Ia adalah Guadalupe Ortiz de Landazuri. Dalam sebuah surat, Paus Fransiskus menulis, bahwa Ortiz adalah contoh kekudusan dalam “normalitas” seperti dilansir catholicnewsagency, 16/5.

Ortiz lahir dalam keluarga militer di Madrid pada 12 Desember 1916. Ia memilih melanjutkan pendidikan universitas untuk belajar kimia. Saat masa studinya terjadi Perang Saudara di Spanyol. Ayahnya, Manuel Ortiz de Landazuri dihukum mati karena tuduhan menembak sembarangan. Ortiz baru berusia 20 tahun ketika ia mengucapkan selamat tinggal kepada ayanya beberapa jam sebelum kematiannya. Ia memaafkan orang-orang yang mengutuk dan membunuh ayahnya.

Opus Dei didirikan oleh St Josemaría Escriva pada tahun 1928 dan mengajarkan, setiap orang dipanggil untuk kekudusan pribadi dalam dan melalui kehidupan sehari-hari. Kemudian, Opus Dei dibuat menjadi prelatur pribadi oleh St Yohanes Paulus II pada tahun 1982. Prelatur Pribadi adalah suatu tatanan yuridiksi gerejawi yang dicanangkan oleh Konsili Vatikan II dan oleh Kitab Hukum Kanonik yang diciptakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pastoral yang sifatnya spesifik dengan fleksibilitas yang lebih luas.

Felicia Permata Hanggu

HIDUP NO.23 2019, 9 Juni 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here