Paradigma Baru Museum

45
Para pembicara dalam Mugalemon di Sekolah Santa Maria, Jakarta Pusat, Sabtu, 18/5.
[HIDUP/Hermina Wulohering]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Museum kini telah berubah fungsi. Dulu, saat berkunjung ke museum, orang hanya melihat atau menikmati obyek atau benda-benda yang berasal dari masa lampau tanpa ada interaksi sama sekali. Kini, kebanyakan museum telah memiliki pemandu khusus yang memberi penjelasan mengenai koleksi museum. Ini disampaikan konsultan dan ahli museum internasional, Max Meijer, dalam Temu Museum, Galeri, dan Monumen (Mugalemon) di Sekolah Santa Maria, Jakarta Pusat, Sabtu, 18/5.

Dengan menjadikan museum sebagai lembaga yang lebih dinamis dapat menyajikan lebih banyak konteks dan informasi untuk pengalaman mengunjungi museum. Max mengatakan, meski museum adalah sumber pengetahuan dan informasi yang resmi, namun museum juga dapat mengambil manfaat dari pengetahuan serta pengalaman dari para pengunjung. “Ini tentunya akan semakin menambah keterlibatan dan rasa saling memiliki.”

Mugalemon itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Museum Internasional setiap 18 Mei. Pertemuan ini dihadiri oleh sekitar 50 perwakilan museum-museum di Jakarta yang tergabung dalam Asosiasi Museum Indonesia. Acara ini juga untuk memperingati satu windu Museum Santa Maria. Museum yang berada dalam kompleks sekolah milik Kongregasi Susteran Ursulin ini, menyimpan koleksi benda-benda yang menjadi penunjang karya para suster pada masanya.

Penanggung jawab museum, Sr. Lucia Anggrahini, mengatakan pihaknya telah menyelenggarakan serangkaian kegiatan memperingati sewindu museum ini sejak Februari lalu. Salah satunya adalah mengadakan beberapa focus group discussion bersama arsitek, sejarawan, dan mereka yang paham tentang museum, antara lain Pastor Adolf Heuken, SJ dan Yori Antar. Sr. Lucia juga mengatakan dalam waktu dekat Museum Santa Maria akan didaftarkan menjadi cagar budaya dan mendapatkan nomor museum resmi.

Hermina Wulohering

HIDUP NO.24 2019, 16 Juni 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here