Mgr John Philip Saklil Menjadi Administrator Apostolik Sede Plena Keuskupan Agung Merauke

4238
Mgr John Philip Saklil Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke/dok.HIDUP
Mgr John Philip Saklil Menjadi Administrator Apostolik Sede Plena Keuskupan Agung Merauke
4.7 (93.33%) 3 votes

 

Hidup Katolik.com PAUS Fransiskus secara resmi menunjuk Uskup Sufragan Keuskupan Timika Mgr John Philip Saklil menjadi Administrator Apostolik sede plena untuk Keuskupan Agung Merauke.

Pengumuman resmi Paus ini dibacakan oleh Mgr Saklil di hadapan para imam, biarawan, dan biarawati bertempat di Rumah Bina Merauke, Sabtu, 27/7, pukul 17.00 WIT.

Demi mengisi sede plena, Paus Fransiskus juga mengangkat Visitor Apostolik Keuskupan Agung Merauke yaitu Uskup Bandung sekaligus Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Indonesia Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC. “Tugas Mgr Bunjamin untuk membereskan kasus-kasus yang terjadi di Keuskupan Agung Merauke,” demikian isi surat tersebut.

Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC selaku Visitor Apostolik Keuskupan Agung Merauke

Sementara itu, Mgr Nikolaus Adisaputra MSC dibebastugaskan sebagai Uskup Keuskupan Agung Merauke dan hingga berita ini diturunkan Mgr Adisaputra sedang menjalankan On Going Formation. Penugasan ini berlaku sejak surat pengumuman ini dibacakan.

Mgr Nikolaus Adisaputra MSC/dok. HIDUP

Ketika dikonfirmasi, Mgr Saklil mengatakan penunjukkan ini adalah wewenang Paus atas pertimbangan khusus. Karena itu ia mengharapkan dukungan doa semua umat. “Mari kita mendoakan agar Keuskupan Agung Merauke terus berjalan dalam bimbingan Tuhan.”

Mgr John Philip Saklil Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke/dok.HIDUP

Keputusan ini berlaku hingga adanya keputusan baru. Maka itu dalam Perayaan Ekaristi di Keuskupan Agung Merauke rumusan yang berlaku dalam Doa Syukur Agung adalah “Bersama Uskup kami Mgr John Philip Saklil, Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke.”

Undangan untuk para Imam, Biarawan dan Biarawati/dok.pribadi

Rencananya pada Minggu, 28/7 pukul 08.00 akan diadakan Perayaan Ekaristi bersama umat untuk mendengarkan informasi resmi dari Administrator Apostolik, Mgr Saklil.

Sedangkan pertemuan bersama imam, biarawan-biarawati, frater dan bruder sudah berlangsung pada Sabtu, 27/7. Undangan untuk imam dan biarawan-biarawati ini ditandatangani langsung oleh Vikjen Keuskupan Agung Merauke Pastor Hengky Kariwop MSC.

Yusti H. Wuarmanuk

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here