Adminstrator Keuskupan Agung Ho Chi Minh: Perdalam Pendidikan Agamamu!

73
Basilika Notre-Dame Saigon [Dok. Bernard Oh via Flick]
Adminstrator Keuskupan Agung Ho Chi Minh: Perdalam Pendidikan Agamamu!
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – MENJADI umat beriman tidak berarti hanya berdoa rutin saja. Beriman juga berarti mendalami pengetahuan tentang agama yang dianut. Tidak hanya mengenal teori tetapi juga praktik atau ritual agama tesebut.  Hal ini diingatkan kembali oleh Administrator Apostolik K, Vietnam Mgr Joseph Do Manh Hung dan Uskup Auksilier Mgr Louis Nguyen Anh Tuan dalam Surat Pastoral 22 Juli 2019 lalu.

Seperti yang dilansir dari Catholic News Agency (26/7), Surat Pastoral ini dikeluarkan berkaitan dengan adanya penyimpangan pratik atau devosi agama Katolik yang terjadi. Salah satunya di  Stasi Tin Mung, yang terletak di Kota Ho Chi Minh. Kepala Stasi Tin Mung Pastor Joseph Tran Dinh Long menyalahgunakan perayaan Kerahiman Ilahi dengan meletakkan tangannya di atas kepala orang-orang untuk menyembuhkan penyakit mereka. Pastor Joseph menyuruh umat untuk bersaksi atas hal tersebut. Alhasil, umat Katolik sampai yang non-Katolik   berbondong-bondong menghadiri ritual tersebut.

Selain itu, seperti yang diberitakan di Ucannews, Mgr Hung dan Mgr Tuan mengatakan adanya gerakan pegabdi Bunda Maria yang dibuat oleh seorang awam, Thomas Mary Nguyen Thanh Viet. Ia bersaksi bahwa Bunda Maria telah menyembuhkan penyakitnya pada tahun 2010. “Gerakan ini telah menyebarkan ajaran sesat dan membahayakan iman, juga meresahkan umat khususnya umat Katolik,” kata mereka.

Mgr Hung dan Mgr Tuan pun mendesak umat untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang ajaran Gereja Katolik yang resmi. Lebih baik, menurut mereka, belajar mengikuti instruksi gereja daripada terima dalam praktik yang menyesatkan.

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here