Paus Apresiasi Pertemuan Trump dan Kim

24
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berjalan bersama.[Dok.AFP atau pemberi lisensi]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus berdoa untuk pesan-pesan perdamaian yang dihasilkan dari pertemuan antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Kawasan Bebas Militer di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara, 30/6. “Dalam beberapa jam terakhir, kita telah menyaksikan contoh yang baik dari budaya perjumpaan di Korea,” kata Paus, seperti diberitakan Vaticannews, (30/6).

Paus menyapa dengan doa, bahwa perjumpaan ini merupakan langkah lebih lanjut di jalan damai. Perdamaian ini, tegasnya, tidak hanya di Semenanjung Korea tetapi mendukung juga damai di seluruh dunia.

Trump adalah Presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara. Dalam pertemuan tak terduga itu, tampaknya menjadi hasil undangan Twitter Trump bagi Kim sehari sebelumnya. Keduanya berbicara selama hampir satu jam dan setuju untuk melanjutkan negosiasi nuklir. Itu adalah pertemuan tatap muka ketiga antara Trump dan Kim hanya dalam waktu satu tahun.

Pekan lalu, para uskup Korea Selatan merayakan Misa untuk 20 ribu umat Katolik di dekat kawasan bebas militer di perbatasan kedua Korea. Para uskup ini berdoa untuk perdamaian dan rekonsiliasi.

Antonius E. Sugiyanto

HIDUP NO.27 2019, 7 Juli 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here