Beatifikasi Fulton J. Sheen

82
Venerabilis Fulton J Sheen, Uskup Agung Tituler Newport, Uskup Emeritus Rochester.
Beatifikasi Fulton J. Sheen
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Paus Fransiskus menyetujui dekrit mukjizat yang dikaitkan dengan Uskup Agung Titular Newport, Mgr Fulton J. Sheen. Kongregasi Penggelaran Kudus Tahta Suci mengumumkan dekrit 6/7.

Seperti yang dilansir dari Catholic Herald, (6/7), mukjizat tersebut melibatkan pemulihan seorang anak bernama James Fulton Engstrom. Anak laki-laki tersebut lahir pada September 2010 dari pasangan Bonnie dan Travis Engstrom yang berdomisi di Kota Goodfield, Peoria, Illinois, Amerika Serikat. Saat dilahirkan, ia tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Ketika medis mencoba untuk menghidupkannya kembali, ibu dan ayah anak itu berdoa kepada Mgr Fulton untuk menyembuhkan putra mereka.

Uskup Agung Sheen sendiri adalah seorang pengkotbah tersohor yang sangat dicintai penonton televisi selama tahun 1950-an sampai 60-an di Amerika Serikat. Acara televisi tersebut sempat menjadi pemenang dalam penghargaan Emmy Award.

Mgr Fulton ditahbiskan sebagai imam Keuskupan Peoria, Illinois pada usia 24 tahun, dan diangkat menjadi Uskup Auksilier di New York pada tahun 1951. Ia lalu ditunjuk sebagai Uskup Rochester, New York pada 1966. Ia pensiun pada 1969 dan pindah kembali ke New York City sampai kematiannya pada tahun 1979.

Pada tahun 2014, beatifikasi Uskup Sheen sempat terhambat karena perdebatan pemindahan makan mendiang oleh Keuskupan Agung Peoria dan Keusukupan Agung New York. Pada akhirnya, jenazah Mgr Fulton dipindahkan ke Peoria.

Karina Chrisyantia

HIDUP NO.28 2019, 14 Juli 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here