Selamat Jalan Kardinal Sergio Obeso Rivera

108
Kardinal Sergio Obeso Rivera [Dok. Vatican News}
Selamat Jalan Kardinal Sergio Obeso Rivera
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Gereja Katolik kembali berduka. Selepas kabar duka berpulangnya Uskup Timika, Mgr John Philip Saklil mengemparkan Gereja tanah air, kini gereja Katolik kembali kehilangan Uskup Agung Emeritus Xalapa, Kardinal Sergio Obeso Rivera. Kardinal Sergio menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Minggu, 11/8  di kediamannya, dan telah dimakamkan pada hari Senin, 12/8.

Kardinal Sergio Obeso Rivera mendapatkan gelar doktor dalam bidang Teologi pada tahun 1947, dan ditahbiskan menjadi imam di Keuskupan Agung Veracruz – Xalapa pada tahun 1954. Pada tahun 1971, Kardinal Sergio Obeso Rivera diangkat menjadi Uskup Papantla, dan menjadi Ko-adjutor Uskup Agung Xalapa pada tahun 1974. Pada tahun 1979, ia terpilih menjadi Uskup Agung Xalapa, dan pensiun pada tahun 2007. Kemudian, Kardinal Sergio menjadi kardinal pada tahun 2018, ketika usianya telah menginjak 86 tahun.

Uskup Agung Xalapa, Mgr Hipólito Reyes Larios mengatakan bahwa Kardinal Sergio Obeso Rivera hidup dengan sangat hati-hati dan tidak suka berbicara tentang kualitas dan prestasinya. Namun, Gereja dan seluruh umatnya adalah saksi dari karunia dan kebajikan yang diberikan oleh Kardinal Sergio. Ia juga mengatakan bahwa Kardinal Sergio adalah sosok yang sangat terpuji dalam segala hal. Gereja Katolik juga mengenal beliau sebagai orang yang memiliki budaya, orang yang baik hati, dan sosok yang cerdas.

Kardinal Sergio telah memberikan wujud nyata cinta kasihnya kepada umat Allah melalui kedekatannya dengan orang-orang miskin. Ia selalu mengunjungi pedesaan di Veracruz dengan disposisi dan amal pastoral. Kardinal Sergio juga mengatakan, seseorang dapat melayani yang paling tidak terlindungi dan menjadi saksi di dunia tanpa meninggalkan nilai-nilai Kristen atau kehilangan keanggotaan dalam Kristus.

Bukan hanya untuk Gereja Katolik, Kardinal Sergio Obeso Rivera juga terlibat dalam kehidupan bernegara. Mgr Hipólito Reyes Larios mengatakan, “Dalam beberapa episode penting dalam sejarah negara kita, Kardinal Sergio Obeso Rivera berpartisipasi dalam negosiasi perdamaian dan rekonsiliasi untuk Kesepakatan San Andrés, dalam upaya kami membangun kembali hubungan antara negara bagian Meksiko dan Tahkta Suci dengan mempromosikan undang-undang pengaturan Pasal 130 Konstitusi.”

Melepas kepergian abadi Kardinal Sergio Obeso Rivera, Mgr Hipólito Reyes Larios meminta kepada seluruh umat Katolik untuk mempersembahkan tiga Misa bagi keselamatan jiwa Kardinal Sergio Obeso Rivera untuk peristirahatan abadinya.

Yola Salvia
Sumber : Vatican News

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here