Pastor Jozef Kurkowski : Bulan Juni, Bulan Istimewa

90
Josef Kurkowski SCJ.
[HIDUP/Karina Chrisyantia]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Benih panggilan untuk menjadi imam telah dirasakan Pastor Josef Kurkowski SCJ sejak ia duduk di bangku Sekolah Dasar. Di saat itu, ia menjadi anggota putra altar. Meski harus berjalan kaki cukup jauh untuk tugas putra altar di gereja, ia tetap menjalankannya dengan gembira. “Saya berjalan kaki bersama ibu setiap kali ke gereja,” ujar imam yang akrab disapa Pastor Josef itu.

Sebulan lalu, Pastor Josef merayakan setengah abad usia imamatnya. Rasa syukur atas rahmat ini diungkapkan dalam sebuah Perayaan Ekaristi di Gedung Leo Dehon, Paroki St Stefanus Cilandak, Jakarta Selatan, 23/6. Pastor Jozef mengungkapkan, Juni adalah bulan yang spesial baginya. Pertama, ia lahir di bulan Juni, tepatnya 27 Juni 1944 di Zienlonki, Polandia. Kedua, ia menerima Komuni Pertama dan Sakramen Krisma juga bulan ini. Ketiga, ia ditahbiskan di Krakow pada 13 Juni 1969.

Pastor Josef mengenang, kedua orangtuanya yang tak sempat melihat buah hatinya yang memilih panggilan menjadi imam di Kongregasi Hati Kudus Yesus (Congregatio Sacerdotum a Sacro Corde Jesu/SCJ). Ayah dan ibunya meninggal, bahkan sebelum ia menginjak usia sepuluh tahun. “Selama saya berkarya, saya sungguh dicintai oleh Tuhan. Saya terus berusaha tetap melayani dengan ketulusan hati dan penuh suka cita,” ujar imam yang mendapat julukan “pastor kaos kaki” dari Uskup Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono ini.

Setelah ditahbiskan, Pastor Jozef ditugaskan di Zaire (kini Republik Demokratik Kongo). Tahun 1971, ia diutus ke Indonesia dan bekerja di Sumatera Selatan. Setelah 36, ia pindah tugas di Keuskupan Agung Jakarta, di Paroki St Barnabas, Pamulang. Sejak 1 Agustus 2018, ia ditugaskan di Paroki St Stefanus, Cilandak hingga sekarang.

Tiga tahun lalu, pada 10 November 2016, Pastor Josef dianugerahi Order Polonia Restituta dari Pemerintah Polandia. Penghargaan ini diberikan kepada masyarakat sipil Polandia yang berjasa besar di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, olahraga, budaya, seni, ekonomi, pertahanan negara, sosial, layanan sipil, dan atau membawa nama baik Polandia di negara lain. Pastof Josef menerima penghargaan ini bersama tiga koleganya, yakni Pastor Herbert Henslok SCJ, Pastor Andrzej Lukasik SCJ, dan Pastor Tadeusz Laton SCJ.

Antonius E. Sugiyanto/Karina Chrisyantia

HIDUP NO.28 2019, 14 Juli 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here