Kini Perpustakaan Vatikan Bisa Diakses Secara Online

87
Dok. Michal Osmenda | CC BY-SA 2.0
Kini Perpustakaan Vatikan Bisa Diakses Secara Online
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM— Perpustakaan Apostolik Vatikan, lebih dikenal dengan sebutan “VAT” (The Vatican Apostolic Library), secara resmi didirikan pada tahun 1475.

Pada tahun 1451 ketika Paus Nicholas V, seorang bibliofil terkenal, berusaha untuk membangun kembali Roma sebagai pusat akademik yang penting secara global, Ia membangun perpustakaan yang relatif sederhana dengan lebih dari 1.200 volume buku, termasuk kumpulan koleksi pribadinya dari buku klasik Yunani dan Romawi serta serangkaian teks-teks yang dibawa dari Konstantinopel.

Saat ini, Perpustakaan Vatikan menyimpan sekitar 75.000 kodeks, 85.000 incunabula (edisi yang dibuat antara penemuan mesin cetak dan abad ke-16), dengan jumlah total lebih dari satu juta buku.

Sekarang semua harta ini ditampilkan secara online, berkat proses pemindaian yang melelahkan sedikit demi sedikit. Kini, semua orang dapat mencari harta perpustakaan Vatikan. Seluruh buku tersedia untuk siapa saja dengan akses internet, dan bisa mengunduh arsipnya hanya dengan mengklik di sini (https://digi.vatlib.it/)

Sumber: Aleteia
Penerjemah: Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here