Joseph Kristiadi : Merawat Cita-cita

14
Joseph Kristiadi.
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Dalam seminar bertajuk, “Mengapa Gereja Muda Harus Sadar dan Peduli Politik?”, Joseph Kristiadi berusaha menggambarkan dunia politik Indonesia kepada generasi milenial berusia belasan tahun. Ia mengatakan, politik adalah kekuasaan negara yang masuk ke dalam ruang-ruang yang sangat konkrit dalam kehidupan.

Kris, sapaan akrabnya, menjelaskan, bahkan untuk urusan dapur pun, misalnya tentang harga cabe atau mengenai garam, juga diurusi oleh negara. Hal itu juga berkaitan erat dengan kehidupan politik. Ia mengajak orang muda “tidak boleh” tidak peduli pada politik. “Kita semua harus ambil bagian di dalamnya, karena politik itu mulia!” tegas peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) ini.

Kris mengingatkan, sebagai warga negara Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Kristiani, orang muda Katolik harus mau melibatkan diri dalam kehidupan bersama. “Ikuti banyak kegiatan di masyarakat kita agar dalam diri kita masing-masing tumbuh rasa empati terhadap sesama warga masyarakat.”

Ia berpesan, jika mempunyai cita-cita, rawatlah itu dengan baik dan Tuhan akan memberi jalan. Sebagai pengikuti Kristus, semua harus menjadi prajurit-prajurit yang hebat. Berjuang untuk memerdekakan diri dari nafsu dan kesenangan-kesenangan duniawi. “Kamu dapat berjuang untuk menebus masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Dionisius A. Puguh

HIDUP NO.30 2019, 28 Juli 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here