Guyub dalam Perbedaan

13
Umat Wilayah Santo Melchias Mlese bersama warga bergotong royong mengecor Masjid Al Barokah di Dukuh Mlese, Klaten, Jawa Tengah.
[HIDUP/Laurentius Sukamta]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Umat Wilayah Santo Melchias Mlese Paroki Santa Theresia Jombor, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bersama warga sekitar ikut bergotong royong mengecor Masjid Al Barokah di Dukuh Mlese, Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Senin, (12/8. Sedikitnya 100 orang yang terlibat dalam gotong royong ini. Sedang umat Katolik yang datang ikut bergotong-royong ada sekitar 40 orang. Tak hanya tenaga, umat Wilayah Melchias juga memberikan donasi uang untuk membantu keperluan konsumsi selama gotong royong pengecoran masjid.

Ketua Wilayah Santo Melchias Mlese, Thomas Agung didampingi Ketua Lingkungan Santo Robertus Mlese, Crismis Riyadi menyampaikan, Masjid Al Barokah ini berada di Dukuh Mlese. Karena umat Katolik adalah bagian dari masyarakat Dukuh Mlese, maka mereka pun ikut bergotong royong mengecor masjid. “Keikutsertaan umat Katolik dalam gotong royong mengecor masjid ini juga sebagai upaya untuk membangun persaudaraan umat beriman, menghidupi toleransi, menciptakan kerukunan dalam masyarakat, dan lainnya,” katanya.

Apa yang dilakukan umat Wilayah Melchias Mlese ini diapresiasi positif oleh aktifis Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kabupaten Klaten, Lukas Triyanto. “Semoga dengan gotong royong mengecor masjid ini terkikis fanatisme sempit dan masyarakat semakin guyub dalam kerangka Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika. Karena kita adalah Indonesia. Perbedaan adalah kenyataan, namun perbedaan bukan menjadi hambatan. Justru semakin memperkaya kita dalam hidup kebangsaan,” ujarnya.

Laurentius Sukamta (Klaten, Yogyakarta)

HIDUP NO.34 2019, 25 Agustus 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here