Kardinal Baru, Kehormatan bagi Gereja dan Bangsa Indonesia

621
Kardinal Baru, Kehormatan bagi Gereja dan Bangsa Indonesia
3.5 (70%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.COM–MEMBUKA Bulan Kitab Suci Nasional, Gereja Katolik Indonesia mendapat kabar gembira dari Vatikan. Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus mengumumkan kepada khalayak ramai bahwa Uskup Agung Jakarta selaku Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmojo diangkat sebagai Kardinal baru untuk Indonesia. Pengumuman ini disampaikan saat akhir Doa Angelus pada hari Minggu, 1/9, tadi siang waktu Roma.  Nama Mgr Suharyo disebutkan pada urutan ketiga.

Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo {Dok. HIDUP}

Sempat beredar kabar jika informasi tersebut adalah berita palsu. Akan tetapi keraguan itu segera ditepis oleh Pastor Bantuan Militer TNI/POLRI dari Keuskupan TNI/POLRI, Pastor Rofinus Neto Wuli ketika dimintai konfirmasi. Ia menyampaikan, “Kabar itu adalah benar. Syukur dan terima kasih Tuhan telah memberikan sosok terbaik jadi Kardinal bagi NKRI tercinta ini.”

Kepala Paroki Kristus Raja Pejompongan, Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Pastor Jacobus Tarigan ikut menyampaikan rasa sukacitanya dengan mengungkapkan betapa pengumuman tersebut adalah kabar mengagumkan tidak hanya bagi Mgr Suharyo, tetapi juga segenap Gereja Katolik Indonesia. “Mengagumkan karena seorang Kardinal dapat ikut memilih Paus berapapun usianya dan dapat dipilih menjadi Paus bila belum berumur 80 tahun,” tuturnya.

Tidak ketinggalan, Duta Besar Republik Indonesia untuk Vatikan, Agus Sriyono turut menyampaikan hal serupa sembari berkomentar, “Sebuah kehormatan bagi bangsa Indonesia umumnya dan umat Katolik secara khusus. Hal ini sekaligus menunjukkan kepercayaan Tahkta Suci terhadap Gereja Katolik Indonesia.”

Bersama dengan penetapan Kardinal baru ini, Paus Fransiskus mengajak segenap umat Katolik untuk berdoa bersama agar mereka senantiasa taat kepada Kristus untuk melayani Gereja dan memberi kebaikan kepada seluruh dunia.

Felicia Permata Hanggu
Laporan: Hasiholan Siagian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here