Pastor Augustinus Setyo Wibowo : Makin Berat Tantangan Mahasiswa Katolik

1507
Pastor Augustinus Setyo Wibowo.
[NN/Dok.Pribadi]
5/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – Pastor Augustinus Setyo Wibowo SJ secara resmi menjadi moderator Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jakarta Pusat. Keputusan ini tertuang dalam Surat Pengangkatan yang dikeluarkan oleh Keuskupan Agung Jakarta No. 424/Vikep-KAJ/06/19. Imam Serikat Yesus yang sekaligus dosen filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara itu mengaku senang mendapat kepercayaan ini.

Pastor Setyo berjanji akan berusaha maksimal dalam memberikan nasehat-nasehat yang bersangkutan dengan kehidupan rohani kader-kader PMKRI Cabang Jakarta Pusat. “Kapan pun dibutuhkan saya siap memberikan pendampingan spiritual kepada PMKRI, baik itu terkait pendalaman iman Katolik maupun hal-hal yang menyangkut kebutuhan intelektual kader,” ujar Doktor lulusan Université Paris 1 Panthéon-Sorbonne, Paris, Perancis.

Dalam Perayaan Ekaristi penyambutan pastor moderator, Pastor Setyo menerangkan, bahwa tantangan mahasiswa Katolik hari ini semakin berat, terutama usaha untuk mempertahankan Pancasila. Ideologi yang menyatukan Indonesia ini, kini semakin terancam eksistensinya oleh ideologi asing. “Ada ideologi asing yang memanfaatkan agama sebagai alat untuk menyerang Pancasila di satu sisi, dan di lain sisi menguatnya politik identitas dan politik transaksional dan ini menjadi tantangan mahasiswa Katolik ke depannya,” jelas Ketua Program Studi Filsafat STF Driyarkara itu.

Rinto Namang/Marchella A. Vieba

HIDUP NO.32 2019, 11 Agustus 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here