KEUSKUPAN AGUNG PONTIANAK MENGADAKAN KONFERENSI NASIONAL EKSORSISME

256
KEUSKUPAN AGUNG PONTIANAK MENGADAKAN KONFERENSI NASIONAL EKSORSISME
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – KEUSKUPAN Agung Pontianak akan mengadakan Konferensi Eksorsisme. Kegiatan yang membahas soal ajaran dan pelayanan pengusiran setan menurut Gereja Katolik akan diadakan selama empat hari, sejak Kamis-Minggu, 19-22/9/2016.

Kegiatan hari pertama akan dibawakan oleh Direktur Kantor Eksorsis Keuskupan Agung Manila, Pastor Jose Francisco Syquia. Imam yang menyelesaikan lisensiat Teologi Spiritual dari Universitas Kepausan St Thomas Aquino, Roma ini akan memaparkan tentang eksorsisme dalam kaca mata Gereja Katolik.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus. Seluruh rangkaian acara pada hari pertama akan terpusat di Katedral St Yoseph, Pontianak

Ketua Panitia Konferensi Eksorsisme, Pastor Mingdry Hanafi Tjipto OP, mengungkapkan, Konferensi Eksorsisme ini pertama kali diadakan di Indonesia. Mgr Agus sangat mendukung kegiatan ini sehingga bersedia menjadikan Keuskupan Agung Pontianak sebagai tuan rumah.

Dalam Gereja Katolik di Indonesia, sejauh ini baru Keuskupan Agung Pontianak yang memiliki kantor atau tim khusus eksorsisme.

Sementara, secara internasional, lanjut Pastor Mingdry, di Roma ada kursus tentang eksorsisme. Kegiatan itu berlangsung di Regina Apostolorum. Selain itu, di Manila, konferensi semacam ini sudah berlangsung dua kali.

Selain Pastor Jose, hadir pula pembicara lain yakni imam eksorsis Keuskupan Agung Manila Pastor Winston Cabading OP, Tim Excorcista Keuskupan Agung Pontianak Pastor Anton Silvanus dan Pastor Johanes Robini Marianto OP, Pastor Valentinus Bayu OP, Pastor Mingdry, Guru Besar Bidang Liturgi STFK Ledalero Pastor Bernadus Boli Ujan SVD, dan Vikaris Judisial Keuskupan Bogor Pastor Yohanes Driyanto.

Yanuari Marwanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here