Azalea Johannes : Diaspora Cinta Tanah Air

16
Azalea Johannes.
[HIDUP/Hermina Wulohering]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Menjadi diaspora Indonesia yang tinggal di Washington DC, Amerika Serikat, sejak kecil, tak membuat Azalea Johannes melupakan asalnya. Kecintaannya terhadap Tanah Air, membuat remaja 19 tahun ini aktif terlibat dalam berbagai kegiatan positif bagi Indonesia. Bagi mantan Miss Teen DC ini, mengambil peran dalam menciptakan masa depan bangsa yang cerah adalah tanggungjawabnya.

“Tidak ada gunanya untuk mengatakan kita peduli dan mencintai negara kita, jika kita gagal mengambil tanggungjawab pribadi dan memainkan peran kita dalam menciptakan masa depan yang lebih cerah,” kata cucu pahlawan nasional, Herman Johannes ini.

Tampil dalam The 5th Congress of Indonesian Diaspora di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu, 10/8, Azalea juga menyampaikan kebanggaannya menjadi diaspora Indonesia. Memang, Azalea merupakan aktivis Indonesian Diaspora Network. Tahun lalu bersama seorang diaspora Indonesia di Belanda, ia membacakan deklarasi Congress of Indonesian Diaspora Youth.

Azalea juga mempunyai ketertarikan pada kondisi pendidikan di Indonesia, sehingga ia memilih menghabiskan sebagian masa SMA-nya di Jakarta. Perempuan berdarah Rote, NTT, ini juga beberapa kali terlibat dalam organisasi pengembangan generasi muda NTT melalui informasi pendidikan & literasi digital.

Tahun lalu, Azalea terlibat dalam perhelatan Asian Games 2018 lalu sebagai volunteer. Saat itu, ia dipercayakan sebagai liaison officer untuk Tim Pakistan.

Hermina Wulohering

HIDUP NO.34 2019, 25 Agustus 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here