Orang Muda Bertanya, Uskup Menjawab

133
Mgr Pid bersama anak muda Paroki Tomang di Auditorium SMAK Sang Timur Jakarta Barat.
[HIDUP/Hermina Wulohering]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Orang muda selalu memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai hal dalam hidup, termasuk tentang iman mereka. Hidup dalam komunitas yang majemuk membuat pertanyaan soal perbedaan-perbedaan semakin menggelitik pikiran. Apalagi, bila pertanyaan-pertanyaan itu tidak hanya muncul dari dalam diri sendiri, melainkan dari komunitas lain.

Dalam acara Why Catholic: OMK Bertanya, Uskup Menjawab, Sabtu, 31/8, pertanyaan-pertanyaan anak muda Paroki Maria Bunda Karmel Tomang, Jakarta Barat, seputar iman Katolik, langsung dijawab oleh Mgr Hendricus Pidyarto Gunawan OCarm.

Dalam sesi pertama, kebanyakan anak muda mengajukan pertanyaan mengenai penggunaan patung dalam Gereja Katolik. Beberapa hal lain yang paling banyak muncul dalam tanya jawab dengan Uskup Malang ini antara lain soal pacaran dan pernikahan beda agama serta beda Gereja, devosi kepada orang kudus, dan isi Kitab Suci.

Menurut Bapa Uskup, dari berbagai hal tentang iman Katolik yang perlu diketahui oleh orang muda Katolik, Alkitab adalah yang paling penting. “Anak muda harus mengetahui apa yang menjadi dasar ajaran Gereja yaitu firman Allah sendiri,” katanya.

Bapa Uskup juga meminta anak muda memahami bahwa Alkitab harus ditafsirkan dan penting untuk mengetahui siapa yang menafsirkannya. Mereka tampak antusias mendengarkan penjelasan, sampai-sampai Mgr Pid meminta perpanjangan waktu kepada pantia untuk bercengkerama dengan anak muda.

Hermina Wulohering

HIDUP NO.36 2019, 8 September 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here