Pastor Antonius Steven Lalu : Penguatan Kapasitas

22
Pastor Antonius Steven Lalu.
[HIDUP/Hasiholan Siagian]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Tatkala tengah asyik mendandani Komisi Komunikasi Sosial (Komisi Komsos) Keuskupan Manado, Sulawesi Utara, Pastor Antonius Steven Lalu ‘mendadak’ dipanggil untuk tanggungjawab yang lebih besar. Apalagi kalau bukan, menjadi Sekretaris Eksekutif Komisi Komsos Koferensi Waligereja Indonesia (KWI). Ia menggantikan kursi yang ditinggalkan Pastor Kamilus Pantus yang sudah dua periode menduduki jabatan tersebut. “Yah, begitulah. Kerendahan hati untuk taat di atas segala-galanya,” ujarnya.

Pada Pekan Komunikasi Sosial Nasional (PKSN) yang berlangsung di Makassar dan Toraja, Sulawesi Selatan belum lama ini, berita ini sebetulnya sudah beredar di kalangan para ketua Komsos dan utusan keuskupan. Namun, ia hanya tersenyum simpul ketika hal ini dikonfirmasi. Jumat, 16/8, Setijab dilakukan di KWI disaksikan Ketua Komisi Komsos KWI Mgr Hilarion Datus Lega dan Sekretaris Eksekutif KWI Pastor Siprianus Hormat.

Kendati dengan ‘judul’ demi ketaatan, Pastor Steven – begitu sapaan Pastor Antonius Steven Lalu –, selain akan melanjutkan program yang sudah disusun pendahulunya, ia akan memberikan perhatian alias penguatan kapasitas Komsos-Komsos Keuksupan dan mendorong Komsos Keuskupan memberi perhatian pada Komsos Paroki. “Ini salah satu rekomendasi penting Pertemuan Nasional Komisi Komsos KWI di Sorong-Manokwari tahun lalu,” tuturnya.

Prinsip yang akan dikembangkan, menurut Pastor Steven, Komsos yang kuat membantu Komsos yang lemah. “Sambil membantu juga mengembangkan diri. Sasarannya, harus sampai ke penguatan kapasitas Komisi Komsos paroki,” timpalnya. Selamat bertugas, Pastor!

Hasiholan Siagian

HIDUP NO.36 2019, 8 September 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here