Menteri Agama RI Akan Hadiri Pelantikan Kardinal Suharyo

1248
Tampak Paus Fransiskus bersalaman dengan Menteri Lukman Hakim Saifuddin di Basilika Santo Petrus, Vatikan. (Dok. Ist.)
Menteri Agama RI Akan Hadiri Pelantikan Kardinal Suharyo
4.4 (88%) 5 votes

HIDUPKATOLIK.com – Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan Paus Fransiskus pada kesempatan Audiensi Umum hari Rabu, 2 Oktober 2019 di Basilika St Petrus, Vatikan.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci, Antonius Agus Sriyono, pada kesempatan yang singkat ini, Lukman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Paus Fransiskus atas pengangkatan Uskup Agung Jakarta yang juga Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo sebagai Kardinal.

Selain itu, Lukman juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas  deklarasi bersejarah Abudabi yang ditandatangi oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar, Ahmed At-Tayyeb pada tanggal 4 Februari 2019 lalu di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Deklarasi yang disebut “Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Berdampingan.”

Menteri Lukman Hakim Saifuddin hadir di Vatikan untuk menghadiri sejumlah acara kenegaraan yang telah direncanakan, termasuk menghadiri pelantikan Kardinal Suharyo pada hari Sabtu, 5 Oktober 2019 bersama dengan sejumlah kardinal lain yang baru dipilih oleh Paus. Menurut informasi yang diperoleh hidupkatolik.com, Lukman mendapat penugasan langsung dari Presiden RI Joko Widodo untuk menghadiri pelantikan tersebut.

Selain Menteri Lukman, pelantikan ini akan dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, Anggota Kuria Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), dan beberapa kerabat dekat Kardinal Suharyo.

 

Karina Chrisyantia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here