Kardinal Czerny: Ingat Panggilan Utama Gereja!

113
Kardinal Michael Czerny SJ.
Kardinal Czerny: Ingat Panggilan Utama Gereja!
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Ada tiga masalah atau tantangan utama yang dihadapi gereja hari ini. Hal ini dikemukakan oleh Wakil Sekretaris Bagian Migran dan Pengungsi di Departemen untuk Mempromosikan Pembangunan Manusia Integral Kardinal Michael Czerny SJ. Ia termasuk kardinal baru yang akan dilantik oleh Paus Fransiskus pada hari Sabtu besok, 5 Oktober 2019.

Seperti yang dilansir dari America Magazine, ketika dihubungi oleh Vatican Radio mengenai masalah yang dihadapi Gereja akhir-akhir ini, Kardinal Czerny mengatakan bahwa adanya jarak atau gap perihal komunikasi. “Pertama, adanya kesenjangan antara Gereja dengan organisasi atau lembaga dan terlebih dengan generasi muda,” ujarnya, 3/10.

Keprihatian yang kedua, soal Gereja yang berbelarasa.  Baginya apakah Gereja sungguh menjujung tinggi persatuan. “Persatuan itu penting, tetapi  jika tidak disokong dengan rasa solider yang tinggi akan kosong. Mengingat kembali panggilan utama Gereja adalah sebagai tubuh mistik Kristus,” tegasnya.

Tantangan ketiga, Gereja di tengah era digital. “Menurut saya, Gereja belum siap memahami dinamika kehidupan umat zaman sekarang,  media elektronik dan media sosial turut campur. Itu membingungkan, baik dalam penafsiran tentang dunia dan kemampuan para imam mengkhotbahkan Injil,” ujar Kardinal Czerny.

Selain itu, Kardinal Czerny mengungkapkan bahwa panggilan para imam adalah membantu umat untuk  menjalani kehidupan manusia mereka dan untuk hidup sepenuhnya. “Ini adalah misi besar. Inilah artinya memberitakan Injil dan membawa Kabar Baik ke ujung bumi,” pungkasnya.

 

Karina Chrisyantia/ Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here