Militansi Iman OMK

28
Salib Sumatera Youth Day saat akan diberkati oleh Mgr Aloysius Sudarso SCJ.
[HIDUP/Fr Nicolaus Heru Andiarto]
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Menyongsong Sumatera Youth Day (SYD) 2020, perwakilan Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Medan (KAM) bersama para frater, biarawan-biarawati merayakan Ekaristi bersama di Gereja Seminari Tinggi St Petrus Pematangsiantar, Sumatera Utara, Kamis, 26/9. Ekaristi ini dipersembahkan oleh enam Uskup Regio Gerejawi Sumatera, dengan selebran utama Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ.

Dalam khotbahnya, Mgr Sudarso mengajak Orang Muda Katolik (OMK) dan calon imam serta biarawan-biarawati untuk melihat dan merenungkan kecemasan-kecemasan yang kini melanda negara dan Gereja, kekeringan, termasuk asap. “Kita sebagai OMK harus memikirkan Gereja Sumatera ini. Kami bersama para pemimpin tarekat religius telah mengadakan pertemuan dua tahun lalu untuk memikirkan dinamika hidup OMK. Bahkan hal tersebut selaras dengan Sinode untuk kaum muda yang berlangsung di Roma beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Mgr Sudarso juga menekankan pentingnya membangun militansi iman bagi OMK. “Kita bisa melihat bagaimana kaum muda “di luar” kita yang memiliki militansi iman dan ditanamkan dengan beragam cara. Orang muda harus terus memikirkan masa depan Gereja Sumatera dengan semangat Salib SYD ini,” pesan Mgr Sudarso.

Mgr Sudarso juga memberkati Salib SYD. Salib ini akan diarak ke enam keuskupan di Sumatera.

Fr Nicolaus Heru Andiarto (Medan)

HIDUP NO.41 2019, 13 Oktober 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here