Paus Menunjuk Komandan Korps Gendarmerie Baru

118
Gianluca Gauzzi Broccoletti (kiri), Komandan baru Korps Gendarmerie Vatikan. [Dok. Vatican News]
Paus Menunjuk Komandan Korps Gendarmerie Baru
3.3 (66.67%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.COMPaus Fransiskus pada 15 Oktober menunjuk Gianluca Gauzzi Broccoletti sebagai Komandan Korps Gendarmerie Vatikan yang baru.

Sehari setelah Domenico Giani, Komandan Vatikan Gendarmerie mengundurkan diri dari jabatannya, Paus Fransiskus menunjuk Gianluca Gauzzi Broccoletti sebagai Komandan baru.

Broccoletti adalah wakil direktur dan wakil komandan di bawah Giani yang juga direktur Direktorat Layanan Keamanan dan Perlindungan Sipil Negara Kota Vatikan.

Gianluca Gauzzi Broccoletti lahir di Gubbio, Perugia pada 3 Juni 1974, dan lulus dalam bidang teknik keselamatan dan perlindungan dari Universitas “La Sapienza” di Roma. Menikah dan dikaruniai dua anak, ia bergabung dengan Korps Gendarmerie pada tahun 1995. Sejak 1999 ia bertanggung jawab atas desain dan pengembangan infrastruktur teknologi jaringan dan keamanan Negara Kota Vatikan dan keamanan siber.

Pada tahun 2010 ia dipindahkan ke Pusat Keamanan Operasional, secara bertahap memajukan tanggung jawab dan tingkat yang sesuai sampai ia mencapai pangkat manajer pada tahun 2017, dan wakil direktur dan wakil komandan pada tahun 2018. Selama bertahun-tahun, ia telah membangun hubungan kepercayaan dengan berbagai Sekretariat Bapa Suci, Otoritas Tertinggi Pemerintah dan Sekretariat Negara, di mana kompetensi dan profesionalisme diperlukan untuk penyelidikan rahasia.

Dia telah menemani Paus dalam berbagai perjalanan kerasulan dan kunjungan pastoral di Italia dan di seluruh dunia. Dia juga mengoordinasikan masa tinggal musim panas Santo Yohanes Paulus II dan Paus Benediktus XVI, dan melayani sebagai wakil komandan Detasemen Kastil Gandolfo selama masa tinggal musim panas Paus Benediktus XVI di Pontifical Villas. Dia adalah bagian dari staf yang bertanggung jawab untuk mengelola keamanan teknologi selama Konklaf 2005 dan 2013.

Dia telah melayani sebagai delegasi direktur Layanan Keamanan dan Perlindungan Sipil dalam berbagai keadaan untuk pertemuan dengan Kota Roma dan berbagai pasukan polisi yang berkaitan dengan apa yang disebut “peristiwa besar” ketika kehadiran Bapa Suci diharapkan. Dia telah menghadiri banyak kursus, seminar, dan magang dengan berbagai pasukan polisi Italia dan internasional.

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here