Hebat, Empat Menteri Indonesia Maju Jebolan Sekolah Xaverius Palembang

654
Hebat, Empat Menteri Indonesia Maju Jebolan Sekolah Xaverius Palembang
2.3 (46.67%) 3 votes
Pelantikan Kabinet Indonesia Maju, Rabu, 23/10. Dok. Sekretariat Kabinet RI

HIDUPKATOLIK.com – PRESIDEN Joko Widodo telah resmi melantik jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024, pada Rabu, 23/10.

Yayasan Xaverius Palembang, Sumatera Selatan mencatat dari 33 menteri yang baru dilantik itu, empat di antaranya pernah mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah Xaverius Palembang.

Berikut keempat menteri tersebut:

  • Menteri Dalam Negeri, Jenderal Pol. (Purn.) M. Tito Karnavian. Ia adalah alumnus SD Xaverius 4 Palembang (1976) dan SMP Xaverius 2 Palembang (1980).
  • Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basoeki Hadimoeljono, yang merupakan alumnus SD Xaverius 4 Palembang.
  • Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, alumnus TK dan SD Xaverius Emanuel Tanjung Enim (1985).
  • Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, alumnus SMA Xaverius 1 Palembang (1975).

Yayasan Xaverius Palembang adalah karya pendidikan Keuskupan Agung Palembang yang berdiri sejak tahun 1930. Ada 60 unit sekolah yang bernaung di bawah yayasan dengan semboyan In Omnibus Optimum (Bersatu kita maju memberi pelayanan terbaik) ini. Sekolah-sekolah ini tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu.

Keempat menteri lulusan Xaverius ini semuanya beragama Islam. Seperti kabinet jilid pertama, pada kabinet Jokowi jilid kedua hanya memiliki satu menteri yang beragama Katolik. Dari 33 menteri, Politisi Partai Nasional Demokrat, Johnny G Plate, terpilih sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, menggantikan pendahulunya, Rudiantara. Pada kabinet sebelumnya, ada Ignasius Jonan, yang terakhir menjabat sebagai Menteri Energi Sumber Daya Mineral.

 

Hermina Wulohering

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here