Pesparani I Palembang: Energi Persaudaraan Sejati

101
Umat mempersembahkan Tarian NTT sebagai bentuk syukur pelaksanaan Pesparani 1 di Provinsi Sumatera Selatan. (Dok Pribadi)
Pesparani I Palembang: Energi Persaudaraan Sejati
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-Kebersamaan dan persaudaraan justru terlihat lebih jelas daripada suasana kompetisi pada Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) I Provinsi Sumatera Selatan. Energi dan semangat sportifitas sangat terasa. Suasana tersebut terjalin khususnya pada para peserta di kategori lomba paduan suara, mazmur, tutur Kitab Suci, dan cerdas cermat.

Energi persaudaraan juga datang dari partisipan yang merancang acara ini. Salah satunya ketika KH Amiruddin Nahrawi atau yang akrab disapa Cak Amir, menjadi Ketua Pesparani Katolik. Selain itu, kerjasama dari Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA), Perhimpunan Pemuda Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Komunitas Pria Sejati dan Wanita Diberkati, Komisi Komunikasi Sosial (KOMSOS), kaum muda, para Suster Charitas dan Bunda Hati Kudus, Seminari Menengah Santo Paulus, Kelompok Rohani Katolik TNI Polri turut mewarnai Pesparani kali ini.

Pesparani perdana di Bumi Sriwijaya ini diawali dengan Misa Konselebrasi yang dipimpin oleh Uskup Agung Palembang Mgr. Aloysius Sudarso S.C.J. serta para imam dari paroki-paroki di Keuskupan Agung Palembang. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu 26 Oktober 2019 Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ini, juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, serta Pangdam, Kapolda, sampai TNI Polri.

Dengan partisipasi peserta dari 21 paroki dan 48 sekolah yang terlibat, acara ini diramaikan oleh lebih dari 1000 orang. Perlombaan yang diadakan yakni, paduan suara untuk kategorial anak dan kategorial dewasa. Kemudian, perlombaan mazmur untuk kategorial anak, remaja, dan dewasa. Perlombaan tutur Kitab Suci juga diikuti oleh peserta dari sekolah-sekolah Katolik.

Sebelum acara puncak pengumuman para pemenang lomba, Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Katolik Daerah (LP3KD) Sumatera Selatan Hendro Setiawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang telah membantu kelancaran acara tersebut.

Hal yang sama diutarakan oleh Mgr Sudarso. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Katolik yang telah terlibat dalam acara tersebut dan menyampaikan rasa gembira dan sukacitanya karena melihat api semangat besar umat Katolik untuk ikut serta dan bersatu dalam kebhinekaan.

“Api semangat dan segala pelajaran yang didapatkan dalam Pesparani ini harus terus dibagikan ketika para peserta tiba di tempat masing-masing, di tengah Gereja dan masyarakat luas,” pungkas Mgr Sudarso.

Berikut nama-nama pemenang dalam perlombaan Pesparani I Provinsi Sumatera Selatan :

Lomba cerdas cermat 
anak

  • SD Xaverius 3 Palembang

Lomba cerdas cermat remaja

  • SMP Xaverius Maria Palembang

Lomba bertutur Kitab Suci anak

  • SD St. Yosef Lahat

Lomba mazmur 
anak   

  • Paroki St. Petrus Palembang

Lomba mazmur remaja       

  • Paroki St.Yoseph Palembang

Lomba mazmur dewasa           

  • Paroki St. Petrus Palembang

Lomba paduan suara anak       

  • Paroki St. Yoseph Palembang

Lomba paduan suara dewasa 

  • Paroki St. Petrus Palembang

Juara Umum     

  • Paroki St. Petrus Palembang

Yola Salvia

Laporan: Alex L.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here